Tips Mudik Lebaran

Diposting oleh Deta on Sabtu, 05 September 2009

Tradisi Mudik lebaran memang setiap tahun terjadi di Indonesia, kita melakukan perjalanan jauh dan pastinya melelahkan.
Terus gimana donk biar kita bisa tetap sehat dan selamat dalam melakukan perjalanan itu? Okey, sekarang kita bahas Tips Mudik lebaran, dan semoga bisa membantu anda.

Masa persiapan yang harus kita lakukan adalah:
  1. Persiapkan segala keperluan yang harus dibawa secara rinci, supaya gak jadi pikiran pas dalam perjalanan. Tapi jangan terlalu banyak juga, secukupnya saja, agar perjalanan kamu nyaman!
  2. Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat.
  3. Jangan melakukan perjalanan dalam keadaan lapar, sebisa mungkin makan dulu sebelum berangkat.
  4. Jangan memakai baju yang ketat, pakailah baju yang agak longgar.
  5. Sehari sebelum mudik, usahakan mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak unsur Karbohidrat dan Protein yang merupakan sumber tenaga.
  6. Siapkan bekal makanan yang tahan lama, minuman manis yang selalu hangat
  7. Tanggulangi terlebih dahulu penyakit ringan, bawalah obat-obatan seperlunya.
  8. siapkan kendaraan dengan baik

Pada saat Perjalanan
  1. Usahakan jangan merokok, karena dapat menyebabkan kekurangan Oksigen.
  2. Hindari Alkohol untuk mencegah dehidrasi
  3. Perbanyak minum air
  4. Gerakkan otot betis dan kaki secara teratur, kencangkan dan kendurkan, otot-otot pantat dan perut untuk mendorong darah kembali ke jantung
  5. Angkatlah kedua tumit, bola kaki tetap berada di lantai, kemudian kembali ke posisi semula.
  6. Kedua tumit tetap tinggal di lantai, angkat kedua bola kaki, kembalikan ke posisi awal
  7. Luruskan kaki sejauh ruangan yang ada dan memungkinkan.
  8. Kencangkan otot-otot paha bagian depan, tahan selama 2-3 detik, lalu kembali ke posisi awal.
  9. Tekankan kedua otot betis Anda ke tempat duduk bagian depan, kencangkan otot-otot di bagian belakang dari paha, tahan 2-3 detik, kemudian kembali ke posisi awal.
  10. Usahakan pinggang Anda ditekankan dengan kuat pada tempat duduk, tariklah otot-otot perut ke dalam, tahan selama 2-3 detik, kemudian kembali ke posisi awal.
  11. Tekankan otot-otot pantat sekuat yang Anda mampu pada tempat duduk selama 2-3 detik, kemudian kembali ke posisi awal.
  12. Geser berat badan dari kanan ke kiri dari pantat Anda, ayunkan ke belakang dan ke depan selama 5-10 detik.
  13. Gerakkan pinggang ke depan sehingga terjadi lengkungan pada pinggang.
  14. Tekankan pinggang ke tempat duduk dan pinggul didorong ke depan.
  15. Jangan lupa pakai Sabuk pengaman (bila ada)

Untuk pengemudi
1. Jangan paksakan menyetir saat mata terasa lelah
2. Bila merasa capai, cari tempat untuk memarkir kendaraan dan istirahatlah.
3. Usahakan tidur minimal 15 menit.
4. Iringi selama perjalanan dengan musik
5. Banyak minum air putih dan usahakan jangan merokok
6. Jangan menelepon /SMS saat menyetir, karena akan mengganggu konsentrasi kita.

Kalau Mudik bersama bayi
1. Sebelum berangkat, periksakan konsisi bayi Anda ke dokter.
2. Pastikan kondisi bayi Anda siap untuk melakukan perjalanan jauh
3. Mintalah saran dokter, obat apa yang harus dipersiapkan bagi bayi Anda.
4. Selama perjalanan, sebaiknya bayi jangan dipangku terus.
5. Jaga badannya agar tetap kering,

Mudik sehat, Lebaran sehat, kita bisa bergembira berkumpul bersama keluarga menyambut hari yang penuh kemenangan. Semoga Tips Mudik Lebaran ini dapat bermanfaat...

Referensi: Portal Infokes Balikpapan

{ 9 komentar... read them below or add one }

Belajar ilmu seo mengatakan...

Makasih tipsnya....sangat bermanfaat...

gomel mengatakan...

wuiiih...
lengkap banget nih kayanya info nya..
hehehe..
walopun gue lagi ga mudik, tapi sangat bermanfaat,det :D

Zippy mengatakan...

Makasih buat info'x...
Tapi sayang, diriku gak mudik kemana2 nih, wkwkwkkwkwkw.... =))

BlaGabLoGer mengatakan...

@ Belajar ilmu seo
hohoho, sama2...
@ gomel
Ya, mungkin bisa dipake nanti tips Mudiknya..
@ Zippy
Hehehe, sama dink, saya juga gak mudik ^_^

Henny Y.Caprestya mengatakan...

tipsnya perlu dikopas, karena tanggal 19 nanti henny mo berangkat balik ke palembang.
deta mudik juga nggak nih?

Hamidz mengatakan...

tips nya sangat bermanfaat sekali boz.. dirimumudik g?
Botanix

mantan copet mengatakan...

tipsnya muantab banget......
bisa diterapin ini, tapi anak saya sudah besar-besar semua....

Benazio R.P mengatakan...

Gerakkan otot betis dan kaki secara teratur, kencangkan dan kendurkan, otot-otot pantat dan perut untuk mendorong darah kembali ke jantung

kalo ga sempet gimana? sempetnya pas nyetir? goyang goyang semua dong hihihihi

Iklan Gratis mengatakan...

Tips yang sangat bermanfaat, dapat membantu kelancaran dan kenyamanan pemudik. Apalagi mudik adalah suatu moment yang pasti ditunggu siapapun. Perjalanan jauh pun rela ditempuh, walaupun dibumbui rasa lelah karena jalanan yang padat. Agar perjalanan mudik lancar, segala sesuatu nya harus dipersiapkan seteliti mungkin.
Dengan adanya tips seperti di atas, mudah-mudahan dapat menyadarkan pemudik agar persiapan yang dilakukan tidak asal-asalan. Bagi yang bermaksud pulang mudik, hati-hati di jalan. Semoga selamat sampai tujuan.
Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^

Follower