Tips Ketika Gempa Bumi

Diposting oleh Deta on Jumat, 04 September 2009

Tips ketika Gempa bumi ini mungkin berguna bagi anda, seperti yang kita tahu, kemarin Jawa barat mengalami gempa tektonik 7,3 skala richter! Pusatnya berada di Tasikmalaya. Dan getarannya terasa di sebagian besar pulau jawa, tapi semoga aja Gempa bumi ini gak terjadi lagi, karena memakan banyak korban, baik korban jiwa ataupun harta benda...

Untuk itu sebaiknya kita memperhatikan hal-hal penting yang terkait gempa. Berikut beberapa hal yang harus dipahami soal gempa dari Badan Meterologi dan Geofisika.
  1. Kunci utama itu antara lain mengenali apa yang disebut gempa bumi. Selain itu, memastikan struktur dan letak rumah atau bangunan dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan gempa.
  2. Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan anda agar terhindar bahaya gempa bumi Langkah lainnya adalah mengenali lingkungan tempat bekerja dan tinggal. Misalnya, memperhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.
  3. Belajar melakukan P3K dan menggunakan alat pemadam kebakaran. Dan tak lupa mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.
  4. Persiapkan keadaan rumah agar dapat meminimalkan akibat gempa. Contohnya, perabotan seperti lemari ataupun kabinet diatur menempel pada dinding dengan cara dipaku atau diikat. Cara ini untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa.
  5. Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah, agar terhindar dari kebakaran. Selalu mematikan air, gas dan listrik apa bila sedang tidak digunakan.
  6. Mengatur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempa.
Dan, dibawah ini adalah Tips ketika gempa bumi yang bisa dijadikan pegangan bila tiba-tiba ada gempa bumi

DIDALAM RUMAH
Getaran akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. Masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda. Jika anda tidak memiliki meja, lindungi kepala anda dengan bantal. Jika anda sedang menyalakan kompor maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran.

DI LUAR RUMAH
Lindungi kepala anda dan hindari benda-benda berbahaya. Di daerah perkantoran atau kawasan industri, bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Lindungi kepala anda dengan menggunakan tangan, tas atau apapun yang anda bawa.

DI MALL, BIOSKOP, DAN LANTAI DASAR MALL
Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari pegawai atau satpam.

DI DALAM LIFT
Jangan menggunakan lift saat terjadi gempabumi atau kebakaran. Jika anda merasakan getaran gempabumi saat berada di dalam lift, maka tekanlah semua tombol. Ketika lift berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan mengungsilah. Jika anda terjebak dalam lift, hubungi manajer gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.

DI DALAM KERETA API
Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan.

DI DALAM MOBIL
Saat terjadi gempabumi besar, anda akan merasa seakan-akan roda mobil anda gundul. Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil anda di kiri jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari radio mobil. Jika harus mengungsi maka keluarlah dari mobil, biarkan mobil tak terkunci.

DI GUNUNG/PANTAI
Ada kemungkinan lonsor terjadi dari atas gunung. Menjauhlah langsung ke tempat aman. Di pesisir pantai, bahayanya datang dari tsunami. Jika anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak, cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi.

BERI PERTOLONGAN
Sudah dapat diramalkan bahwa banyak orang akan cedera saat terjadi gempabumi besar. Karena petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke tempat kejadian maka bersiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang berada di sekitar anda.

EVAKUASI
Tempat-tempat pengungsian biasanya telah diatur oleh pemerintah daerah. Pengungsian perlu dilakukan jika kebakaran meluas akibat gempabumi. Pada prinsipnya, evakuasi dilakukan dengan berjalan kaki dibawah kawalan petugas polisi atau instansi pemerintah. Bawalah barang-barang secukupnya.

DENGARKAN INFORMASI
Saat gempabumi besar terjadi, masyarakat terpukul kejiwaannya. Untuk mencegah kepanikan, penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. Anda dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang, polisi, atau petugas PMK. Jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas.

Semoga tips menghadapi gempa bumi ini dapat kita gunakan sewaktu terjadi gempa bumi, walaupun semuanya kehendak Allah, tapi ya sebaiknya kita berusaha menyelamatkan hidup kita sendiri, dan juga jangan lupa tetap berdoa kepada Allah SWT.

sumber :
http://metro.vivanews.com/news/read/87486-tips_menghadapi_gempa
http://rovicky.wordpress.com/tips-gempa-bumi/

{ 8 komentar... read them below or add one }

suryaden mengatakan...

mari membangun lingkungan yang ramah dan aksesibel untuk menyelamatkan diri jika ada apa-apa...

BlaGabLoGer mengatakan...

@ suryaden
Iya mas... demi kebaikan kita semua... :)

Narzis Blog's mengatakan...

Huhuhu, kenetulan rumah gue didaerah pegunungan...
Hmmm, mudah2'an aja kalo gempa gak sampai longsor tanahnya, amin :)

Download Aplikasi Facebook For Sony Ericsson mengatakan...

makasih tipsnya :D

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

Betul banget!

Henny Y.Caprestya mengatakan...

lagi-lagi deta ngeluarin tips yang perlu dikopi. minta ijin copas lagi det!!

Ipin mengatakan...

tidak lupa juga ucapkan TAKBIR....dan Mohon perlindungan NYA

luminous25 mengatakan...

Jangan masuk ke bawah meja, jangan dibelakang pintu dan jauhi tangga,...coba cek artikel ini Tips untuk bertahan hidup saat gempa

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^

Follower