Tips Sukses Ujian

Diposkan oleh Deta on Jumat, 20 Maret 2009

Wah, bentar lagi ada Ujian Nasional yah buat anak-anak kelas XII SMA... Tanggal 20 APRIL 2009, Ujian masuk perguruan tinggi juga udah deket.. gak kerasa yah... hehehe...

jadi ingat masa-masa indah dulu... halah....

Sekarang gw mau sharing aja apa yang sebaiknya dilakukan sebelum dan saat UN...
sebelum UN menjelang, sebaiknya belajar dengan baik. (yaeyalah,,, gimana caranya??)

1. Harus ada niat dan komitmen...
Pakai hampir semua waktu kamu untuk belajar secara EFEKTIF.
kebanyakan anak-anak yang komit untuk belajar, tp belajar aja,, gak bener-bener serius mikirin pelajaran, efektif tau gak belajar yang dilakuinnya...

Nah, ini dia yang harus kamu pastiin, belajar dengan efektif dan semua hal yang gak penting disingkirin dulu... minta dukungan dari keluarga, pacar ataupun temen-temen kamu...
tp ya refreshing juga harus, olahraga, nonton, atau ngobrol ama temen... jangan baca buku mulu,,,biar gak jadi kutu buku dan otak teteup santai....

Tp ya porsinya juga gak boleh kebanyakan... dan yang paling penting, belajar EFEKTIF!
yang gimana c belajar efektif?

yang pasti kemampuan kamu di satu subject harus meningkat, terus ada cara atau konsep baru yang kamu pelajarin, bisa juga kamu latihan variasi soal baru...

2. Jangan menunda untuk mengerti.. ini juga penting banget!

Kamu pasti udah niat banget kan buat belajar?? ampe kutu buku aja apal muka lo, saking seringnya buka tu buku... hehehe

walaupun kamu sering ngerjain soal-soal latihan,,, tp ternyata soal-soal yang kamu kerjain adalah soal-soal yang udah kamu pahami... trs yang lom bisa, teteup aja masih nanggung2 dipahaminya...

yang kaya gini bukannya cuma ngabisin waktu buat belajar?? padahal masih ada materi yang lom di pahami.... kalo ampe ujian teteup gak mudeng?? sayang kan....

nah, terus gimana donk???

gini aja,, setiap kamu belajar, kamu komitmen ama diri kamu sendiri, untuk bisa mengerti dengan tuntas dan MANTAP materi yang lom dimengerti td atau masi nanggung2 ngertinya...

3. Fokus pada sedikit bab,
Nah kebanyakan yang saat ujian tinggal menghitung hari, justru panik karena banyak yang belom bisa, dan jadinya belajar gak terarah... kalo gw c malah jadi stress dan buat belajar kita gak efektif...

jadi, kalo mau belajar nya di fokuskan pada soal-soal:
1. Yang masih tanggung2 nguasainnya
2. Banyak keluar di Test

Terus, fokusin deh segala tenaga, dan daya upaya yang kamu punya untuk beberapa bab yang lom kamu kuasai. dan teteup terus latihan soal. biar ntar pas ngerjain soal lebih maknyuuuuuuusss...

Terus, saat tes dimulai
  1. Baca Doa dulu,, biar tenang, jangan lupa minta restu dari ORTU, keluarga dan saudara2...
  2. Siapkan peralatan tempur kamu dengan baik, pensil harus 2B asli, (kalau perlua bawa cadangan) serutan jangan lupa dibawa, penghapus juga, kartu ujian ataupun papan berjalan( namanya apa yah???) kalau2 meja sekolah kamu ada yang gak rata!
  3. Kerjakan soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu...kalau gak bisa, jangan fokus ama 1 soal aja...
  4. Manage waktu kamu pas ngisi soal,,, misalnya, waktu mengerjakan soal 90 menit, dan ada 40 soal pilihan ganda... jadi 1 soal rata-rata harus kamu kerjakan selama 2.25 menit. (oia, sekaligus kamu isi data diri)
  5. kalau soalnya hitungan atau kamu butuh corat-coret, kamu corat-coret aja di kertas soal kamu, LJK jangan sampe kelipet, ataupun kotor terlalu banyak hapusan. ntr gak kebaca pas di scanning.
  6. Oia, mendingan kalau ada bocoran kamu jangan langsung percaya, kamu hitung dulu, pasti adalah yang nempel2 pas belajar keras kemaren2...soalnya ada juga loh anak pinter yang bohongin temen-temen nya... (ini pengalaman pribadi).
  7. kalau perlu kamu pake penggaris yang ada buletannya(apa yah namanya???) buletin dari samping ke tengah...
  8. kalau pengawas kliatannya galak, jangan perhatiin wajah pengawas, ntr bisa-bisa kamu stress lagi, hihihi...
  9. kalau gw c dulu pas lagi cari ilham (lupa rumus atau apalah...), biasanya ngeliat kearah luar yang seger, biar otak kita bisa seger lagi liat yang seger-seger.... (jangan kelamaan, ntar abis waktunya).
  10. Kompak ama temen-temen yang lain, sebelum bel berbunyi jangan ada yang keluar dulu, biar kita konsentrasi kita gak pecah... tp biasanya sebelum UN udah disosialisaikan ama pihak sekolah....
  11. Datang 15-30 menit sebelum ujian dimulai, biar kita bisa siap-siap dan lebih santai.

hm... apalagi yah??? ada yang mau sumbang saran?? silahkan komeng-komeng....

Kalau kamu gimana???

{ 37 komentar... read them below or add one }

J O N K mengatakan...

pertamax hohohoho

sip saya hampir sama dengan punya kamu det.
ehm ... "Siapkan peralatan tempur kamu dengan baik" ... rumus phitagoras di kaos kaki, rumus bidang miring di balik jam tangan, dan rumus-rumus lainnya di simpen di balik celana hohohoho ...

frendli mengatakan...

tmbahan kalkulator ama hap jangan lupa disembunyiin jg.. :))

rampadan mengatakan...

Hahaha
Komentator2nya raja contek semua..
Hahaha

didta mengatakan...

kalo gak tau jawabannya tinggal tanya google aja beres

BeeMouNTaiN mengatakan...

kalau aku tips nya aku kasih ke saudaraku aja deh, kebetulan lagi ujian.

TUKANG ARSIP mengatakan...

wah sip mbak doain saya ya mo mid smster hari snin :D

Blogger PEMULA mengatakan...

Seperti kata pepatah, "Banyak Belajar, Banyak Lupa..
Sedikit Belajar, Sedikit Lupa.. Gak ada Belajar, Gak ada yang Lupa dehh..
Hehehehe...

diana bochiel mengatakan...

kurang satu tuh tipsnya...
klo udah mau UN jgn belajar..
malah ngeblank nantinya...
btw taun sekarang ada listening gag basa inggrisnya??

molen mengatakan...

hmmm... kalo aq sih mending ga usah pake penggaris yg bulat itu.. rada susah,,

suryaden mengatakan...

siyab komandan...

firanza mengatakan...

Tips bagus sekaligus nembak keyword ya... banyak dicari tuh keywordnya

Nee mengatakan...

emang paling enak klo abis wisuda yah... :P

Senoaji mengatakan...

lha komeng ku kemana yak???? ngikut aja asal jangan ke surga itu ntar dulu!!

BlaGaBloGer mengatakan...

@ J O N K
Wakakakakaka... kok tau jonk, deta juga dlu gtu... hihihihi...
jonk, kalo d balik celana, nyunteknya buka celanaa dulu yah... ;))
@ frendli
wihihihiy,,,, emang butuh yah kalkulator,,, tp sayangnya gak boleh :(
@ rampadan
km termasuk gak dan???
@ didta
Wihihihiy,,, abis ama browsing donk waktunya ;))
@ BeeMouNTaiN
monggo,,, semoga bermanfaat...
@ TUKANG ARSIP
iya, moga sukses yah mid test nya...
@ Blogger PEMULA
Waduuhhh..... 8-}
@ diana bochiel
Huhuhu.... ada gak yah??? lom tau...
@ molen
hehehe, ya bikin diri kita senyaman mungkin aja...
@ suryaden
Hehehehe...
@ firanza
Wekekekeke...
@ Nee
udah plong yah ;))
@ Senoaji
wihihihiy, td gagal yah komen nya...

Achiles mengatakan...

Kalo aku dulu nerapin sistem posisi menentukan prestasi sama SKS (sistem kerja sama) =))

Debrian mengatakan...

jadi inget dlu deh wktu ujian neh..

HeLL-dA mengatakan...

Kalo' aku dulu nyantai, Kak..
Orang2 pada ndak tau Helda ini sebenarnya belajar apa ngga' sih. Aku sendiri pun sebenarnya ngga tau, aku ini dah belajar belom yah dulu sebelum UN.

:))

byme mengatakan...

semangat gwa mah dah g ujian lagi dah lulus lama
byme

verifikasi paypal mengatakan...

wahhh lengkap banget nasehat buat yg sekolah..tp sayang aku udah ndak sekolah lg non..hehehe..tetap semangat..

antown mengatakan...

dan semoga belajarnya tidak sistem wayangan alias dikebut semalam suntuk. wekekeke...
ok sukses buat deta ya

herrybj mengatakan...

iyah,, jadi ingat juga masa2 indah ituh...

melaksanakan UAN

ragillll mengatakan...

saya mau ujian nih.. untuk menghadapi kumpulan bego kasih tipsnya dong

aprie mengatakan...

wah boleh bawa hape ha ya?
hahaha...

didiet mengatakan...

tak kasih ilmu ni warisan nenek moyang...nulis di kertas kecil di tangan, terus kaki, sembunyikan di bawah kaos kai, terus di bawah sepatu..perkecil buku di mesin fotocopy, wkwkwk

ndop mengatakan...

sebelum berangkat ujian, cium tangan mama papa, minta restu...

The Chakiman mengatakan...

tips sukses ujian yakinlah pada diri kita tanpa nyontek pasti gagal :))
jangan lupa doa, hindari maksiat juga

utap mengatakan...

mudah2an berhasil neh,
hehe
salam kenal ya...

^na^ mengatakan...

slamat bertempur deh.... yang mo ujian.....
met mikir2 ria....
met pusing2 ria...
ato lagi mikir2 strategi nyontek,,hehehehe

Jiewa mengatakan...

Jangan lupa drill soal sebanyak-banyaknya, kalau perlu belajar kelompok :)

harry seenthing mengatakan...

wah mau ujian yah teh...selamat yah semoga selesai

antz mengatakan...

Dan yang ngga boleh lupa!!!

Jangan lupa sarapan sebelum UN =))

donalduck mengatakan...

waktu saya kuliah... ingeet banget... malemnya di kostan berdua sohib belajar bareng, paginya terus lanjut, tauk2 teler berat, pusing gak bisa mikir, hhh siangnya dengan rambut dijepit 'lu kaya' mbo-mbo deh...' - ambil posisi: *nyontek mode on*... hehehe siah-siah belajar...

ADVINTRO mengatakan...

gak tau UAN sekarang...kabarnya lebih sulit dari yang dulu ya?

Anonim mengatakan...

wlaupun UN dah d dpan mata.. ga usah tkut ea,jlanin aja dgan santai ga usah ada firasat klau qta ga lulus. u harus yakin klo u bkalan lu2s.. key sukses ea

Riny yulian mengatakan...

btul bgt tuch..
u hruz ykin bgt klo u bkalan lu2s N bisa breng2 coret2An bju ma tmen2 hehehe
Hadapi UN dgan pnuh snyuman ea..

Sukses Ujian mengatakan...

Terima kasih infonya ya ...

Sukses Ujian mengatakan...

tenang jangan stress dan persiapan matang

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^

Follower