Tips Belajar Akuntansi

Posted by Deta on Friday, January 30, 2009

Setiap orang pasti mempunyai cara belajar yang berbeda-beda, ada yang ngerti cuma merhatiin guru atau Dosen, udah langsung menguasai materi tanpa harus mengulangnya lagi di rumah.
Aada juga Mahasiswa yang harus baca buku berulang-ulang untuk memahami isinya,
ada juga yang baca berulang-ulang tp gak ngerti-ngerti...
Ada juga yang mewarnai bukunya dengan stabilo, atau yang garis-garis bagian penting di text book.

bahkan ada juga dari awal sampai akhir kalimat yang ia baca digarisi semua, karena menganggap semua yang td ia baca penting.

Ada juga yang lebih heboh lagi, jurus baca mantra. Dengan jurus baca mantra ini mereka membaca catatan kecil secara berkali-kali. Definisi – definisi, rumus –rumus, dsb akan dibaca (diucapkan) berkali –kali dimanapun, kapanpun, .... nah, persis orang baca mantra kan!. hehehehe...
Nah, kalo cara kalian gimana??

Yup, kalo mau pintar kita hasrus belajar, gak yang sekolah, kuliah atau bahkan saat sudah kerja...

Bagi siswa/mahasiswa, tentu secara lisan akan mengatakan bahwa belajar adalah kegiatan utamanya. Tetapi kenyataannya ada diantara mereka yang mengatakan demikian itu, kegiatan belajarnya lebih banyak ketinggal dibanding dengan kegiatan lainnya.

Ya... tentu kegiatan lainnya lebih mengasyikkan dibanding dengan belajar. Belajar satu jam serasa sudah belajar semalam suntuk, bermain selama 5 jam terasa baru lima menit saja. Banyak pula mahasiswa yang menyibukkan diri ke dalam berbagai aktivitas demi untuk mendapatkan pengalaman, sampai-sampai lupa akan tugas belajarnya.

Bagi mahasiswa yang sambil kerja (apa kerja sambil kuliah?), mereka kesulitan untuk mengalokasikan waktu belajarnya. Mereka takut pekerjaannya berantakan, akan tetapi takut pula jika nilai kuliahnya jelek.

Harapan terbaik adalah, pekerjaan kantor beres tetapi nilai kuliah juga dapat A. Semua aktivitas lancar dan dapat pengalaman banyak, tetapi juga nilai yang tercantum di KHS adalah A semua.

Wah, mantep amat yah....

Memang menyenangkan dan pastinya bangga juga kalo semua mata kuliah dapat nilai A, materi kuliah dapat dikuasai secara sempurna, dan semua itu diperoleh dengan usaha belajar secara santai.

Nah, semua itu dapat Anda capai (berusaha) jika kita menerapkan strategi belajar secara efektif dan efisien.

Memang semua orang memiliki cara belajar sendiri-sendiri, tp metode belajar yang efektif dan efisien akan memiliki pola yang sama.

nah, karena gw adalah mahasiswa jurusan akuntansi, sekarang mo bahas belajar khusus untuk Mata kuliah Akuntansi di tingkat dasar.

Karena tujuan mata kuliah tingkat dasar berbeda dengan mata kuliah tingkat akhir, maka cara belajarpun juga berbeda.

Pada tingkat dasar, seperti mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, dan Akuntansi Manajemen, mahasiswa dituntut selain memahami pengetahuan (materi kuliah) mahasiswa juga dituntut terampil melakukan penghitungan, pencatatan, atau bahkan melakukan pemecahan masalah.

Jadi pada mata kuliah tersebut, tahu saja tidak cukup. Anda harus terampil melakukan/mengerjakan sesuatu. Terampil, berarti Anda harus dapat mengerjakan pekerjaan secara cepat dan benar.

Karena kata Dosen gw bilang, seorang Akuntan tuh DILARANG SALAH!

bisa brabe kalo salah... tp menurut gw kalo lagi belajar, salah itu Harus... karena biasanya kalo gw salah, gw bakal inget tuh ama kesalahan itu... jadi nanti-nanti udah tau donk letak salah dan solusinya...

Karena tujuan yang seperti ini maka dalam ujian jarang ditemui soal yang menanyakan definisi, nama metode, ataupun menanyakan cara /prosedur sesuatu.

Kebanyakan soal ujian untuk mata kuliah tersebut adalah kasus. Mahasiswa diminta melakukan penghitungan, pencatatan (proses akuntansi), pembuatan laporan, atau bahkan pembuatan keputusan.

Ketawa dulu deh biar gak strezzzzzzzz

Agar kita berhasil dalam belajar Akuntansi, kita harus punya strategi dalam belajar. strategi tersebut meliputi:

  • strategi ketika baca buku
  • strategi ketika sedang kuliah
  • strategi ketika menyelesaikan latihan.

Berikut ini TIPS singkat untuk belajar Akuntansi

Strategi Baca Buku Akuntansi

1. Baca buku secara saksama.

Yakinkanlah diri kita telah membaca dan memahami isi buku tersebut. Membaca buku tidak perlu berulang-ulang, sekali saja cukup (asal paham). Baca sekali dan langsung paham, itu yang di mau....

2. Baca secara urut.

Dalam membaca buku akuntansi, Anda harus membaca secara urut dari bab paling depan, kemudian bab demi bab dibelakangnya (khususnya buku Akuntansi Dasar dan Akuntansi Biaya). Jika Anda tidak paham isi bab 3, tentu akan jauh kesulitan untuk memahami bab 4.

3. Jangan tergesa-gesa dalam membaca.

Pastikan bahwa kita memahami isi materi yang Anda baca. Biar membaca secara lambat, asal Anda memahami isinya, itu jauh lebih baik daripada Anda membaca cepat tetapi tidak memahami isinya.

4. Beri tanda pada istilah atau kalimat yang menurut Anda paling penting.

5. Membaca bukan sekedar mengeja huruf ataupun angka. Pahami makna setiap kalimat yang Anda baca. Cari tahu asal usul angka hitungan.

6. Hitung ulang angka2 yang ada pada buku itu.

Telusuri asal usul angka itu. Hal ini bukan berarti kamu tidak percaya pada buku itu, akan tetapi jika penelusuran Anda benar, berarti pemahaman Anda juga benar.

7. Buat ringkasan

Agar Anda tidak perlu membaca bab itu berkali-kali, buatlah ringkasan. Ringkasan singkat akan mengingatkan diri Anda pada isi secara keseluruhan. Ringkasan tidak harus berupa kalimat singkat yang ditulis secara kecil-kecil, akan tetapi bisa berupa gambar.

Saat kuliah

1. Pastikan kita telah mengetahui topik yang akan dibahas dalam pertemuan kuliah. kita telah membaca materi yang akan dibahas dalam perkuliahan. Jika kita telah membaca materi tersebut, kita akan lebih mudah mengikuti materi yang disampaikan dosen. (Pastinya....)

2. Datang beberapa menit sebelum kuliah dimulai. Dengan datang lebih awal, Anda akan jauh lebih tenang dan siap untuk mengikuti kuliah.

3. Pilih tempat duduk di depan. Tempat duduk akan membantu dalam konsentrasi Anda. Jika Anda pilih di belakang, biasanya akan banyak gangguan. Umumnya mereka yang tidak siap mengikuti perkuliahan akan memilih duduk di belakang. udah gitu gak merhatiin pula... hoho, hayo, sapa yang melakukan ini??

4. Matikan HP Anda. Ingat “matikan” bukan silence atau quiet mode. HP tidak hanya mengganggu kanan kiri, kelas, tetapi pasti akan mengganggu diri Anda sendiri.Getar-getar akan bikin kita kaget dan geli-geli... apalagi kalo yang latah... bisa lebih berabe neh...

5. Konsentrasikan pikiran kita pada kuliah. Buang jauh-jauh pikiran kita yang sering ngalor-ngidul kemana-mana. Selama mengikuti perkuliahan, lupakan aktivitas yang kita lakukan sebelum kuliah maupun rencana aktivitas setelah kuliah.

6. Jangan sibuk mencatat

Memahami materi itu jauh lebih penting dibandingkan dengan hanya memiliki catatan lengkap. Catatan kuliah dapat Anda peroleh dari ringkasan baca buku, copy transparasi (slide PowerPoint), copy handouts, ataupun copy catatan punya teman.

7. Ajukan pertanyaan

Ikuti jalan pikir dosen. Jika Anda tidak setuju atau Anda tidak paham apa yang disampaikan dosen, ajukan pertanyaan secara sopan. Jika Anda punya pendapat lain, sampaikan secara jelas. Jangan takut bertanya. Umumnya mereka yang sudah belajar sebelum kuliah, mereka punya banyak pertanyaan. Sedangkan mereka yang kuliah tanpa persiapan, mereka tidak punya pertanyaan. Tidak bertanya bukan berarti sudah paham, bisa jadi memang tidak tahu apa yang harus ditanyakan.

8. Jawab pertanyaan

Sering dosen mengajukan pertanyaan dalam menjelaskan suatu materi. Dosen sering mengajak diskusi bersama. Jangan takut salah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jawablah dengan serius. Umumnya dosen tidak akan marah jika jawaban Anda salah, asal Anda tidak menjawab secara sembrono.

9. Tunjukkan kemampuan Anda

Kuliah Akuntansi, sudah pasti akan banyak PR. PR kadang dibahas di kelas. Atau kadang ada soal di kelas yang harus dikerjakan di kelas. Dalam pembahasan soal tersebut sering dosen menyuruh maju mahasiswa baik secara sukarela maupun penunjukan. Jangan takut salah, maju saja. (tentu tidak BoNek lho ya). Dengan kita mengerjakan di depan kelas, kita akan merasa yakin bahwa kita bisa mengerjakannya. Jika pekerjaan kita ternyata salah, kita akan terkesan dan Anda tidak akan mengulangi kesalahan tersebut saat ujian nanti.

10. Jangan tunda, segera lengkapi pemahaman kita dengan membaca ulang materi yang sudah dibahas di kelas tadi, begitu kuliah selesai.

Latihan soal

Kita akan menjadi terampil mengerjakan pekerjaan akuntansi jika Anda sering melakukan latihan. Jika kita terampil, maka dalam mengerjakan soal ujian kita akan dapat mengerjakan dalam waktu yang lebih singkat. Dan derita sakit leher pun bisa lebih berkurang kayanya....

1. Cobalah untuk setiap materi, Anda mengerjakan soal latihan. Carilah soal latihan yang ada pada setiap bab pembahasan. Jangan hanya mengerjakan soal jika ada tugas.

2. Untuk latihan tahap awal, Anda bisa lihat soal jawab pada buku. Cobalah terlebih dahulu mengerjakan soal tersebut dan jangan melihat jawabannya. Jika Anda telah selesai mengerjakannya, cocokkan dengan jawaban yang ada. Jangan langsung percaya bahwa jawabanmu salah. Mungkin saja jawaban buku itu yang salah. Diskusikan dengan teman.

3. Kerjakan soal-soal yang memang tidak ada jawabannya. Jika kesulitan, Anda bisa buka buku. Jika tetap sulit, diskusikan dengan teman.

4. Jika Anda telah yakin jawaban benar, cobalah kerjakan lagi soal tersebut. Tetapi kali ini jangan buka buku dan hitung berapa menit yang Anda perlukan.

5. Jika kita mengerjakan tugas PR, jangan sekali-kali hanya copy-paste pekerjaan teman. Dengan copy-paste kita hanya menyelesaikan tugas, tetapi kita tidak belajar. Tujuan dosen memberi tugas adalah agar Anda belajar.

6. Jika Anda terpaksa harus minta bantuan teman untuk mengerjakan PR, cobalah jangan asal copy-paste. Tanyalah mengapa jawabannya demikian. Tanyalah asal usul angka jawabannya. Jika Anda yang ditanya, jawablah sejelas mungkin. Dengan menjawab pertanyaan teman, ilmu Anda tidak akan hilang, justru malah semakin memperbaiki pemahaman Anda.

Nah, itu tadi baru sedikit tips untuk belajar singkat dan efektif. tp tentunya masih banyak lagi yang harus disiapkan Seperti halnya dengan strategi mengerjakan ujian, dll.

Begitu juga agar kita bisa membaca secara nyaman, kita harus punya buku sendiri. Jika kita punya buku sendiri, maka kita akan bebas mencoret, menandai, ataupun menggambari. Jangan mencoret-coret buku perpustakaan.

kalo kamu punya strategi belajar yang lain, silahkan komeng2 nambahin.....

hohohoho..... tetep semangat Belajar....

Source : http://daljono.multiply.com/journal/item/6

{ 39 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Cara yg bagus...
tapi melelahkan juga..
wew...
Memang keberhasilan hanya dapat diraih dari kerja keras ya...

Anonymous said...

hiks...
mba..akuntansi nih dulu makananku sehari-hari jaman SmA karena emang jurusannya akuntansi...sampe mabok bikin neraca,rugi laba, dll...
Btw tips2nya bener nihhh kalo akuntansi emang harus banyak latihan soal, apalagi kalo ikut sempoa tuhhh..dukung banget buat pelajaran akuntansi..he..he..

Anonymous said...

siyap bu dosen...
sayangnya aku udah lulus duluan

hahaha....

Anonymous said...

tips yg bagus coba kalo waktu kuliah ikutin tips ini jadi pinter paling aku, he3

Anonymous said...

Akuntansi...?
nanti ajah, daripada harus bantu pembukuan 1 tahun yang belum beres

Anonymous said...

saya suka kok.. AKU n TANSI..
wkwkwk :)

Anonymous said...

akuntasi...baru liat tulisanya dah pusing :D

fuda said...

weqqsss. panjang amad det..

untung gw bukan anak akuntansi. Syalalala

yang gampang sobek bukunya, lecekin trus telen dah. pasti....... SAKIT PERUT

WAkakakakkakakaka

Anonymous said...

waduh..ribet yaah blajar akuntansi...wedew... saya padahal kalo blajar pengennya cepet ajaah, yang penting tau garis besarnya doank....... akuntansi harus bener titik komanya yaaah...duuuh puciiing d...

Anonymous said...

-- ga niat jadi akuntan ---


cuma negor n ade post baru di blog ane

Zippy said...

Wedew, udah puyeng duluan dgr kata Akuntansi, hihihi...
Wong Ekonomi aja udah pusing, wkekekek...

Anonymous said...

kya....(gw selalu gagal pas audit keuangan di bendahara organisasi).
akuntabilitas dipertanyakan...
hehe...iye cucaah bgt buat ngarti akuntansi..ternyata ada kiat2 nya disana ya..
Hmm...jd memori dulu nih, daftar STAN gagal...(loh)..
selamat pagi Dunia.....have a nice day sobat..Yup !..moga sehat semua ya

Anonymous said...

wah... saya dulu paling gak suka pelajaran akuntansi... gak ngeh2 soal akuntansi bolot banget sih hehee...

Anonymous said...

wah...itu mah semua bwt pelajaran.hehe...
lebih enak lagi masuk kelas trus tdr..hihihi...

Anonymous said...

Akuntansi emang kalo dilihat kayaknya susah banged, tapi setelah dipelajari lebih detil ternyata........tambah susah banged. Tapi kalo dah menemukan keasyikannya di Akuntansi Dasar nanti di Akuntansi Menengah sama Lanjutan pasti gak bakal kesusahan. Buktinya saya udah Sarjana Ekonomi :D

Sukses yaaa

Anonymous said...

@ All

Wadooh.... banyak yang gak suka akuntansi yah....
huehehehe... emang c pusying...

Minta doanya yah kawand.... biar deta bisa Menerapkan Ilmu-ilmu akuntansi yang udah deta dapet...
AMIN ^_^
makasih juga udah pada komen...

Anonymous said...

ah.. aq ga suka akuntasi neh..hehehe

Anonymous said...

deta suka akuntasi ya.. ??

Anonymous said...

saya akuntansi dapet pas SMA, syukurlah neraca nya balance xxixxixx
cara cepat ya bukunya di bakar, cmpur air, trus diminum

rampadan said...

Gara gara koneksi koneksi kurang ajar, aku harus nulis komen ini 4 kali..
semoga ntar berhasil nongol..
Menuruk aku, menerapkan ilmu akuntansi tersebut dalam kehidupan sehari hari bisa lebih mancur..

Ratusya said...

saya? GANTI GURUNYA!!!! Waktu SMA saya bego banget akutansi karena gurunya ga niat ngajar tapi jualan *duh maab ya bu*. Untung pas kuliah sayah udah ga ketemu akutansi lagi.. xixixi

Senoaji said...

wehhh yang ginian nih perlu juga, suka sering pingsan gak jelas, kalo tiba2 disulap jadi kasir dadakan... wkwkwkwkkwkwwkk

senoaji

admin said...

waduh... akuntansi??
wah... bukan jurusanku nih. klo kimia ok tuh :0

Anonymous said...

wah kalo belajar akuntansi ndak perlu pake buku tebel macem itu sebenarnya. cukup belajar teliti dan tau tambah2an, kurang2an, bagi2an, kali2an. cukup!

Anonymous said...

wadau.. cara yang bagus tapi..um.. um.. masalahnya udah nggak suka sama akuntansi :P

Anonymous said...

kalo aku nggak pernah belajar akuntansi,..lha secara SMK mesin gitu,...he he heee

Anonymous said...

waduh, aku termasuk yang bikin catatan kecil ituh, tapi suka kebablasan dibawa masuk ke kelas kalo ujian tiba.. wekekkeek...

Ridu.web.id said...

wahahha.. cocok banget sih.. gw kan mahasiswa akuntansi hahaha...

sip2.. bentar lagi gw sidang niy.. doain yaa..

Anonymous said...

@ anderwedz
Seep, setuju Banget
@ Atca
ampe pegel leher yah kalo bikin aporan Keu... huehehe.....
@ didiet
hihihi,,, akupun mencoba untuk ikuti cara2 ini ^_^
@ Pencerah
hohoho.... di blog ini gak disuruh bikin lap. keu kok,,,
@ tetetzet
Wah, kok dipisah gtu... arti nya apa yah??
@ Dillah
Hohoho... akupun sama..
@ Fuda
Fuda mah anak mama yah??hehehe
Yup fuda, percaya aku nti bakalan sakit perut..
@ audy
Ho'oh... titik aja salah salah semua...
@ Zippy
Waduh... hehehe... mang sukanya apa?
@ awan_clickerz
Deta juga sering tuh gagal...
wkwkwkwk.... Met pagi juga ^_^
@ Lyla
hal yg sama terjadi padaku tante....

Anonymous said...

@ Ananto
iya, kiat ini cocok untuk semua jenis pelajaran...
@ phery
Yup, bener banget, kalo awalnya aja gak suka ato gak ngerti, mending baca2 lg yg dasarnya.. baru lanjut yang menengah ama lanjutannya...
@ Debrian
Wah.. knp deb?
@ BlazeFive
Ho'oh.. suka ^_^
@ cebong ipiet
Hohoho... syukurlah kalo Balance...
Sakit perutlah ntra dirikuwh.. hehehe
@ rampadan
Waduh, kasiannya....
Yup... kita belajar emang untuk dipalikasikan dalam kehidupan sehari-hari
@ Ackmali@
Hohohoho.... jualan apa bu??
@ Senoaji
Hehehehe... Mendadak Kasir
@ bunda 4zka
waduh bunda.... Kimia??? Saya kalo kimia Jeblok terus T_T
@ budiOno
Tp kita juga kudu tau step-step nya...
jadi bukuna tebel..
@ elmo
Elmo sukanya masak yah... hum..hum...
@ Brigadista
wihihihihihi,,, Mesin juga ada itungannya ya ^_^
@ ndop
wkwkwkwk... awas, ntar ketauan loh Ndop
@ Ridu
Seep deh Ridu... Moga lancar yah sidangnya...

Anonymous said...

Mba ntar jd auditor dunk kerjaannya nangkepin koruptor.....

Anonymous said...

Tips yg baguss.. :D
berguna banget,, ga hanya bwt akuntansi doank.. bisa juga diterapkan ke mata kuliah laen..
aku baru sebagian melakukannya,, tapi nilai akuntansiku dah naik lumayan lah.. apalagi kalo semuanya dilakukan.. waaooww.. hehehe.. :D

Nee said...

Wah deta... panjang bet tipsnya.... ahahha
sayang, saya semenjak sma sudah menyaakan musuhan dengan akuntansi.. jadi sama sekali ga berniat masuk akuntansi... *inget gurunya jadi males* waakakka
Klo khusus aku, aku kan komunikasi, banyakan teori, wah itu emang harus diapal, coz awal2 semester yang ditanyain ya itu, soal definisi blablabla... nanti klo udah semester akhir ya contoh kasus, yang harus dikaitkan dengan teori...

J O N K said...

akuntansi membuat saya kepingin makan gurunya, atau membakar sekolahan hahaha ...

HeLL-dA said...

Di shoutbox-ku koq dikasih link yg ini sihhhh..
8-}

Mumet nihh, Kak.

Akhi Zaki said...

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Anonymous said...

like it like it

Anonymous said...

mantap dan lucu hehehe oiya bagi anda yang suka dengan yang gratis..berkunjung saja di blog saya..

riki said...

belajar akuntansi blh juga tuuuuuuuh.......

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^