Khasiat Timun Suri

Diposting oleh Deta on Jumat, 21 Agustus 2009

Siapa sih yang gak tau timun suri??? tapi di daerah deta sering juga disebut bonteng puan,hihihi,,, timun suri ini biasanya cuma ada di saat Ramadhan aja.
Timun Suri cocok banget dimakan saat berbuka puasa,,,selain enak, segar lagi, apalagi kalo dingin,, hehehe... jadi ngiler deh posting yang kaya beginian..

ok, kita kenalan dulu dengan yang namanya timun suri....
Timun Suri atau Cucumis sativus Termasuk keluarga labu labuan atau Cucurbitaceae, buah yang mudah rusak dan empuk ini manis banget kalo udah mateng, kalau deta sih lebih suka beli yang udah merekah gitu, hehehe,, harum,,,,

udah gitu buah ini mengandung banyak air.. selain enak Serat di dalam timun suri berkhasiat mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan, seperti kanker usus dan kolon karena sifatnya serat mengikat zat-zat karsinogen penyebab kanker yang ada di saluran pencernaan.
Timun suri kaya akan provitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh penyebab penuaan dini. Vitamin C di dalam timun suri juga tinggi, vitamin ini mampu mencegah timbulnya ganguan penyakit flu dan inveksi karena sifat vitamin C dapat berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi. Selain vitamin, mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga banyak terdapat di dalam timun suri.

Humm,,, banyak banget ternyata kandungan yang berguna bagi tubuh kita.... timun suri gak boleh dilewatin deh... timun suri juga menu favorit dikeluarga deta..

Wah,, enaknya timun suri diapain yaa???
timun suri emang bisa dipain aja c... tapi yang lebih deta suka adalah Timun Suri Asem Manis ini sih nama karangan deta aja,, hehehe...

Bahan :
Timun Suri
Gula Putih
Nutrisari
Nata de coco
Air secukupnya

Cara Buat :
Setelah timun suri dibersihkan dari bijinya, lalu di potong dadu. timun suri dan nata de coco
campur dengan gula secukupnya, lalu di siram dengan nutrisari yang sudah diseduh tambah es batu deh... tapi kalau gak mau manisnya berkurang, simpan di lemari es sebelum berbuka,,jadi pas buka udah dingin,, hehehe...

gimana?? gampang kan?? tapi kalo kamu mau tambah blewah juga bisa...

Glekk...sluurrppp.....segaarrr....

Referensi : http://myhobbyblogs.com/

{ 11 komentar... read them below or add one }

Zippy mengatakan...

Huaaa, diriku tau tu timun suri, anak'x ibu suri, wkwkwk...
Tapi diriku krg suka makan tu timun suri, gak tau kenapa, xixixi...
Jarang makan juga sih =D

Antaresa mengatakan...

enak thu buat buka puasa...

Itik Bali mengatakan...

Enak mbak..seger
kadar airnya tinggi, aku suka buah yang berkadar air tinggi
kaya semangka, teko, bak mandi..

DuniaPiyen mengatakan...

jadi ngiler... enak..

cebong ipiet mengatakan...

waduh ndak suka e...xixixix mending blewah sekalian

reni mengatakan...

Hmmm.., seger juga tuh dipake berbuka puasa.. ^_^
Jadi pengen nyoba...

suryaden mengatakan...

dimaem langsung aja seger kok...

gomel mengatakan...

haloo detaa..
wah, gue belom pernah nyoba tuh yang namanya timun suri.. basicly, ga terlalu suka labu2an..hhe. enak ya rasanya??
ok,jgn lupa mampir balik yaa neng..ada yang baruu ni :D

Henny Y.Caprestya mengatakan...

mm..jadi ngiler, nanti cari di pasar ah

Kontes SEO dbs-pulsa.com Agen Pulsa Elektronik mengatakan...

wah ternyata banyak manfaatnya ya timun suri ini. tapi sayangnya buah ini lebih banyak ada di kala ramadhan seperti sekarang ini.

HeQris mengatakan...

tanks infonya,,tapi dari dulu aq gak suka ma timun, aneh rasanya :D, namanya juga aneh timun ini,,timun tiri,,:D

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^

Follower