Perjalanan ku ke BADUY

Diposting oleh Deta on Senin, 25 Mei 2009

Seminggu yang lalu deta dan teman-teman sempet berkunjung ke Desa Baduy-kabupaten Lebak-Banten!
Alhamdulillah dari dulu pengen ke Baduy tapi baru kesampean ke Baduy...

Mang Baduy tuh apa c? trs kenapa sih samapi ngebet banget ke Baduy?
Baduy adalah sebuah desa di kabupaten Lebak-Banten! Masyarakatnya itu loh yang unik banget.. masih jauh dari hiruk pikuk kota...kemana-mana mereka jalan kaki, tanpa pakai alas.. listrik pun gak ada di Desa baduy, baik baduy dalam maupun luarnya...Mereka bermukim tepat di kaki pegunungan Kendeng di desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten, jaraknya sekitar 40 km dari kota rangkas bitung! Wilayah dengan ketinggian 300 – 600 m di atas permukaan laut.

Dengan topografi berbukit dan bergelombang membuat perjalanan menuju sana gak begitu mudah bagi anak kota yang kemana-mana mesti naik kendaraan!
jarang jalan, jarang olah raga, hahahaha....
tp tetep harus semangat!!

Ok, kita cerita dari awal ajah,,,,
Berangkat jam 9 pagi naik Bis ke Ciboleger... berhenti sebentar di Alun-alun Lebak, gak lupa panitia Narsis dulu


Setelah 4 jam perjalanan dengan jalan yang gak bgitu besar, masih bolong2 dan berkelok-kelok, sampailah di Terminal Ciboleger


Setelah sholat dan makan, kita melanjutkan perjalanan ke gazebo di baduy luar...


Yup, kita harus jalan kaki menuju Gazebo itu, sekitar 1.5 jam! Pas pertama kali liat medannya lumayan berat juga c,, pegel2 banget!dan disini banyak anak-anak yang ngeluh....
ini dia beberapa foto perjalanan dari Ciboleger ke Baduy Luar...




Dan,,, taraaaaaa,,,,

Sesampai di Gazebo, pembagian kamar dan menyerahkan makanan ke ibu tuk dimasak, kita kasihkan beras, mie dan juga kita pakai 3 rumah, dan rumah yang deta tempatin adalah rumahnya Pak Yadi.. sekedar info, kita bayar 1 rumah itu 70.000! karena yang tinggal juga lumyan banyak disana.. sekitar 10-15 orang!padahal budget cm 50.000...

Makanan kita nasi, mie, dan ikan asin...dan juga para penjual souvenir baduy gak mau kalah menjajakan dagangannya!

Orang Baduy gak banyak ngomong, sembari bantu2 si ibu masak, kita ajakin ngobrol tp kalaupun kita tanya, mereka cm jawab seadanya,,,
karena disebelah rumah itu kali... jadi ya kita main2 di kali pe sore,,,,

Mandi disitu, ambil air wudhu disitu, yg pipis pun diistu,,,
air nya emang seger bangeett.. dan yg paling penting mengalir... hehehe...


Malam pun menjelang,,, disana jam 7 pun udah sepiiii bangeett.. gelap,, cm ada petromak dan lampu tok-tok...

tapi karena emang dasar anak-anak dari kota,, malam itu malah bikin rusuh,, dan anak-anak baduy juga masih banyak yang jualan, mie, kopi, air mineral, dsb...

Udara malam di baduy bisa dibilang dingin bangeett..tp anehnya deta gak digigitin nyamuk loh...
padahal kan seharusnya di tempat yang banyak pohon gitu banyak nyamuk yaa....
Subhanallah...

Pagi pun datang.......
Pagi itu baduy seger banget... ada yang mandi di sungai,, cewek pakai sarung,, yg cowok cuek dengan celananya...
tp deta c cm cuci muka dan sikat gigi ajah... bisa ngebul juga loh mulut kita kalo ngomong,, hehehe...

Seperti jadwal yang udah ditentukan, pagi itu kita siap-siap tuk pergi ke desa Cibeo.. Baduy Dalam...
perjalanan ya ditempuh dengan jalan kaki,, hehehe...
perjalanan ke Baduy dalam kita ambil jalan memutar, karena medannya lumayan lebih landai dari pada jalur satunya.. itu kata guide kita...
bukan berarti medannya mudah... tp karena jalan yg lumayan naik turun itu, hikmahnya kita jadi saling bantu,, pokoknya jgn egois deh kalau jalan di Baduy!


Akhirnya setelah 4 jam kita jalan ditambah istirahat, akhirnya sampai juga di Desa Cibeo (Baduy Dalam) entah deh kita ngelewatin berapa bukit...
di tengah jalan hujan lagi... nah,, sedikit tips buat yang mau ke Baduy, jangan lupa pakai alas yang nyaman, kaya sendal gunung gitu,, soalnya kalau pakai sepatu pasti deh kaki kamu lecet...
sedia juga jas hujan di tas...


Dan sampai juga ke desa Cibeo..sebuah Desa Baduy Dalam..sebenernya c ada 3 desa!
perbedaan yang sangat mencolok antara Baduy dalam dan baduy luar terletak di pakaian mereka, Baduy Dalam berwana putih, dan baduy luar berwarna hitam...

Agak kecewa juga c pas nyampe di Baduy Dalam,, karena datang disana kita disambut ama yang jualan mie, kopi, sama aja kaya di baduy luar,,ya emang bukan orang baduy dalamnya c...

Padahal yang deta bayangin adalah kehidupan yang masih asri, disana juga masyarakatnya udah mulai kenal ama uang, bahasa indonesia nya juga udah fasih, dan pas tanya2 gitu, mereka juga boleh makan mie,,
tetep sih mata pencaharian mereka berkebun dan sekali2 mereka dagang...

Beda banget ama cerita mama Ibu yang jaman SMA dulu main ke Baduy juga,,, kehidupannya masih asli bangeett,,, uang gak berlaku disana, gak bisa juga foto2 sembarangan, hukuman diterima langsung dampaknya,, misalkan bagi yang suka ngintip matanya bisa2 belo hampir keluar gitu biji matanya... hiiiiiii... makan pun hanya dari bahan-bahan yang ada disana..
cewek-cewek baduy tuh putih2 loh, bersih badannya... karena jarang terkontaminasi ama bahan kimia kali ya...
dari Baduy dalam beli 1 botol Madu... hihiy, akhirnya kesampean juga buat beli madu disana langsung!

Ok, akhirnya setelah sampai di CIBEO dan ngobrol2 perjalanan dilanjutkan, kita pulang ke gazebo lagi....

Oia, gak ada foto2 di baduy dalam, karena emang gak boleh berfoto ria di kawasan baduy Dalam...

Sebenernya panitia dibagi menjadi 3 kelompok,, depan, tengah dan belakang... deta adalah panitia depan, tp kenapa nyampenya paling belakang???
hiks,,hiks,,,

Sempet c pengen nangis dijalan saking capek nya.... tp untungnya punya temen baik banget,,,
my hero deh pokoknya mah,,, dan rasa kekeluargaan disini kerasa banget,, saling bantu biar gak ada yang masuk jurang,,, hehehe...
Special thanks buat
Anas Setiana

yang udah mau bantuin deta walau ampe ngesot2 segala.... hehehe...

Karena cm 2 hari disana perjalanan pun dilanjutkan dengan jalan lagi ke Terminal Ciboleger...
perjalanana nya pulang kita ditemani hujan yang buat sungai lumayan berarus dan jalan yang licin...
selama perjalanan yang menjaga keseimbangan biar gak meleset... diujung udah deket ciboleger malah meleset... hehehe pake kram lagi kakinya,,,,
tp untungnya gak bgitu parah,, urut2 bentar, kram ilang...
tp tetep jadi paling terakhir....

dan,, sampailah ke Terminal Ciboleger sekitar jam 6 sore... nyampe di Serang lagi sekitar jam 10an...
Baduy,, desa yang ramah, sederhana dan masih asri banget,,, jauh dari polusi....
Semoga suku baduy tetap ada sampai kapan pun juga...

{ 16 komentar... read them below or add one }

IjoPunkJUtee mengatakan...

Sekedar denger cerita dari Orang baduy asli, katanya satu kampung dibatasi jumlah orangnya, klo berlebih maka ada yang harus pergi meninggalkan kampung, klo ada yang mennggal, maka ada orang yang dipanggil balik kampung lagi agar jumlahnya jadi pas.

rampadan mengatakan...

Walah, rame banget keliatane. Asyik tuch.

Itik Bali mengatakan...

Eh kok ada yang nyuci di kali ya??
salam amis dari itik manis buat yang nyuci di kali
he..he

Zali mengatakan...

trus mbak detanya yg mana....

suasanya keren bgt...bener2 pedesaan ya..rumah2nya itu lo...bener2 dah


oiya mbak deta disana ada mall gak..kalo gak indomaret atau alfamart, he3

BIG SUGENG mengatakan...

Sekali-kali perlu juga yaa refresing...
cuma makannya kok indomie rebus sih....

Henny Y.Caprestya mengatakan...

:D asik banget yang jalan-jalan..

Bani Biasa mengatakan...

waaah, pengalaman yang menarik ya

mantan copet mengatakan...

Baduy itu kampung ya Mbak?

Bang Ais mengatakan...

gak ada yang cinlok ya ...

Gadget and Technology mengatakan...

baduy sedikit lebih maju ya, padahal dulu (satau sayah) masih sangat tertutup. tak sembarang orang bisa masuk. wah ternyata bukan mb Deta saja yang narsis, semuwa pada narsis abis heheh.

oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan 'manjakan mata, telinga dan waktu anda ...'. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

J O N K mengatakan...

piiiinggiiiiiinnnnnn,

adem banget kayaknya, nginep seru nih, eh boleh ngenet di sana gak ya ??? :P

annosmile mengatakan...

wah..pengen kesana

kakara mengatakan...

Wah keren .. aku udah lama pengen kesana ... tapi belum kesampaian..
TFS frenz:)

attayaya mengatakan...

wah aseeek n keren amat tuh tempat.
aku cuma dapet cerita dari temen2 neh
pengen juga kesono

Helda Remaja mengatakan...

Aku jg masih ngerasain suasana pedesaan kayak gitu koq, Kak Det..
:P

sayah mengatakan...

keren, jadi pengen ke baduy lagi neh... :)

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^

Follower