Yoga Diharamkan????

Diposting oleh Deta on Rabu, 26 November 2008Rabu, 19 November 2008Senin, 03 November 2008


Hah? Yoga Haram??

Yap, MFKM (Majelis Fatwa Kebangsaan Malaysia), pada Sabtu (22/11) memfatwakan kalo Yoga Olahraga buat kesehatan itu haram....

Kenapa haram??
Yoga itu haram buat seorang muslim jika dilakukan secara sistematik yang terdiri dari gerakan fisik, baca mantera (doa-doa) hindu, dan meditasi yang menyatukan diri manusia dengan tuhan.

Tapi yoga yang mana dulu nie yang dilarang MFKM??

"Jika dilakukan secara sistematik yang mengandung ketiga unsur tadi maka hal itu bertentangan dengan syariat Islam. Haram hukumnya," kata ketua MFKM Prof Dr Abdul Shukor Husin, dalam jumpa pers di Putrajaya, Sabtu.

Tapi jika melakukan yoga sebagai suatu senam atau olah raga saja itu tidak diharamkan, namun umat Islam disarankan untuk tetap tidak melakukannya, karena khawatir masuk lebih jauh kepada yoga sistematik, kata Abdul Shukor.

Akh, emang Tau dari mana Yoga haram???

Eitz, Larangan itu dikeluarkan setelah melakukan kajian dan penelitian lho! Emoticon Holic

"Setelah meneliti dan mengkaji semua masukan, serta mempelajari yoga yang berasal dari masyarakat Hindu sebelum Masehi ternyata merupakan gabungan gerakan fisik, unsur religius, doa dan pemujaan untuk mendapatkan ketenangan yang akhirnya seolah-olah sudah menyatu dirinya dengan tuhan. Ini tidak sesuai dan merusak akidah," katanya.

Pelarangan yoga sistematik bagi umat Islam berlaku juga di Singapura dan Mesir. Jadi Malaysia tidak sendirian dan juga tidak yang pertama mengharamkan yoga sistematik, tambahnya.

Awalnya Fatwa MFKM itu muncul setelah seorang dosen di UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia) Prof Zakaria Stapa menasihatkan orang Islam yang mengikuti senam yoga untuk menghentikannya karena dapat mengganggu akidah."Sholat jauh lebih membuat ketenangan jiwa dibandingkan yoga," kata Zakaria.

Lho...Lho...tapi kan...tapi....

Yoga cuma sebuah olahraga untuk meningkatkan kesehatan...udah populer n banyak juga dipraktekan di mancanegara...
Yoga center bahkan merebak di Arab Saudi dan United Arab Emirates menjadi suatu gaya hidup sehat.

Keputusan MFKM itu menimbulkan pro dan kontra di negeri jiran itu sendiri. SIS (sister in Islam) dan beberapa praktisi yoga menyatakan kekecewaan terhadap keputusan itu karena yoga hanyalah sebuah bentuk olahraga.

Manager program SIS, sebuah organisasi Islam yang moderat di Malaysia, Norhayati Kaprawi mengatakan kepada harian The Star, banyak muslim di Malaysia melakukan yoga sebagai suatu olahraga untuk menjaga kesehatan.

"Saya tidak sampai berpikiran yoga menjadi penyebab seorang muslim pindah menjadi hindu atau mengurangi keyakinannya terhadap Islam. Yoga hanyalah sebuah olahraga seperti qigong atau taichi yang akarnya adalah Budha," kata Norhayati.

Norhayati mengatakan, keputusan itu seolah-olah yoga menjadi ancaman Islam. "Seharusnya majelis fatwa kebangsaan lebih fokus pada isu-isu besar seperti politik uang atau korupsi yang juga merebak di umat Islam," ujar dia.

SIS telah mengadakan klas yoga mingguan sejak setahun lalu, dan dengan keputusan itu bukan menjadi masalah untuk LSM ini melanjutkan olahraga itu.

Coba kita dengarkan juga penuturan dari Pelatih yoga selama 30 tahun lalu, namanya Siti Suheila Merican bilang," isu itu tidak perlu dibesar-besarkan karena banyak umat Islam di Timur tengah yang melakukan olahraga ini tanpa ada percekcokan. "Yoga memang seharusnya dilakukan tanpa perlu baca doa atau mantera dan meditasi yang menyatukan diri dengan tuhan," katanya.

Nah lo.....


Ada juga, Seorang guru Hafiza Yahya, 26 Thn, kepada harian The Star, mengaku belajar yoga melalui buku sejak lima tahun lalu. "Di dalam kelas yoga, instruktur akan minta anda untuk membaca mantera-mantera Hindu. Tapi dalam latihan saya tidak ikuti semuanya, alhasil setelah melahirkan berat badannya dapat dikurangi hingga 30 Kg.
Hah???? 30 KILO bo.....

Seorang tokoh agama Islam di Singapura, Pasuni Maulan, 64 Thn mengatakan kepada harian The Star, bahwa kegiatan fisik yang ada unsur religius dan mistik bukan hanya pada yoga dan Hindu. Silat, yang akarnya adalah kegiatan fisik dan bela diri dari Melayu juga menggabungkan unsur mistik yang seharusnya juga dilarang oleh Islam.

Yoga adalah latihan fisik untuk kesehatan yang lahir sejak 3.300 tahun sebelum masehi yang dipecayai dapat memperlambat penuaan, mengurangkan resiko kencing manis, lelah dan penyakit yang terkait dengan jantung.
Hm, Yoga banyak juga manfaatnya....

Hayo.... segitu banyaknya manfaat yang bisa kita ambil dari YOGA..
Kenapa juga mesti haram....

Eits tunggu dulu, Ternyata MFKM bukan melarang YOGA nya,,,, yang dilarang adalah jika kegiatan itu diikuti oleh pembacaan doa-doa Hindu dan meditasi yang menyatukan diri dengan tuhan. Jika hanya ikuti gerakan fisiknya, tidak dilarang, tapi MUI Malaysia hanya menyarankan umat Islam untuk tidak ikuti senam yoga, karena khawatir masuk terlalu jauh.
sumber : Kompas.com

Kalo menurut gw sendiri c.... yoga itu gak harus dilakukan dengan mengucapkan doa-doa agama tertentu,,, Yoga lebih cenderung butuh konsentrasi, keseimbangan, pengaturan nafas, nggak harus melafalkan doa, kan jadinya sama dengan olahraga!ya tho... ya tho....???

Terus, masalah meditasi.... sebenernya meditasi bukan cuma diartikan sebagai proses menyatukan diri dgn tuhan,, meditasi itu kan salah satu teknik relaksasi, memusatkan pikiran,mengatur nafas, sama dengan autohipnosis (menghipnotis diri sendiri dgn membayangkan,Emoticon Holic
Contohnya membayangkan kita duduk d pantai, sungai, rawa , ato di pegunungan yang adem,

Yauda, yauda, gusah diributin... Yang penting mah kita semua gak bakalan bercerai-berai cuma karena masalah itu...
Masih banyak masalah-masalah yang harus kita tuntaskan...
Oi,,,Oi,,, pak SBY baru pulang yah dari pertemuan APEC di Lima,Peru.
Bawa Rombongan ampe 100 orang lagi..... hahahahha,, kaya yah negara kita! Emoticon Holic

Op...OP..Op Kembali ke topik........
Lanjut nie....
Kalau memang Yoga dianggap bisa menyebabkan seorang muslim menjadi goyah,, ya itu sih gimana individunya aja,kalau dia memang muslim yg kuat imannya,dia nggak akan berpaling dari keyakinannya kan???

Eh...eh.... kalo YOGA kan biasanya suka pada baju ketat gitu yah... Noh, kaya Gambar diatas ituh.... Nah lo... trs gimana Tuh??

Jadi, apa tanggapan kamu tentang YOGA???

Haramkah Yoga?? Halalkah Yoga??


More aboutYoga Diharamkan????

Lembaran Baru

Diposting oleh Deta on Rabu, 26 November 2008Rabu, 19 November 2008Senin, 03 November 2008

Halo... Halo... Halo.... Emoticon Holic Silahkan baca-baca yah, jangan lupa komen nya.. jangan sungkan..sungkan...

Lama banget ya gak posting..... 16 hari euyh....

Hm, sekarang mau posting tentang kehidupan deta di warnet baru aja deh...
disisni, deta betah banget,,,, hari pertama aja uda lumayan akrab ama anak2 langganan sini...
Anak2 yang Langganan nge-game,,,anak-anak yang kecanduan game atau kesambet apa kali... walaupun beda sekolah, tp kalo masalah nge game c mreka kompak nya jangan ditanya,, segala cercaan, ejekan keluar cair seperti air mengalir.... tadinya c agak kaget juga,,, wealah,,, anak sekolah kok pada ngefans ama taman safari??? Emoticon Holic
Tapi mreka lucu-lucu c,,, baik-baik lagi... kalo udah pada ngumpul, yakin de gak akan bisa berenti ketawa,,,, wkwkwkwkwkwkw Emoticon Holic

Ya, walaupun masi ada beberapa anak yang keceplosan manggil gw " Mba Tri" pas awal2 deta disini...
Tuh, tri,,,, anak2 pada sayang ama Lo...

Apalagi deta sebelumnya emang dah kenal ama kuncen2 disini...
beberapa kali bahkan nginep juga di warnet...
tempatnya c gak terlalu luas, tp enak... yang gak enaknya adalah, deta sebagai cewek satu-satunya di warnet ini,,, bertanggung jawab penuh ama kebersihan nie warnet... guntur teman seperjuangan dengan wajah inocent nya, gak pernah bantuin beres2....

Apalagi kalo anak2 pada mulai datang tuh,,, hueeeeeeee,,,, semerbak bau kaos kaki langsung meng-GOL-kan dirinya kedalam hidung setiap insan.... Emoticon Holic Makanya, pewangi ruangan gak pernah jauh2 de,,, hehehehe...

Pernah ada pengalaman yang paling menyiksa hidup deta... hahah,,,
pernah nginep diwarnet sendiri lah pastinya,,, saat itu, deta gak sadar tuh kalo ada sesuatu yang terjadi,,, REMOTE AC ILANGGGGGG!!!!!!!!!!

Oh,, God deta tidur dalam suhu 17 derajat Celcius!!!!!! gak ada selimut,,, gak pake jaket, mukena tipis, badan rasanya gak karuan,,, menggigil, alergi lagi,,, badan jadi gatel2, gak bisa tidur deh!!! Aplagi pas mandi,,, argh,,, dingin tenan........... Emoticon Holic

Bodohnya lagi,,, kenapa kabelnya kaga deta cabut aja yah???? arghhhhhhh....... nyadar pas pagi... liat kabel AC... wkwkwkwkwk....

Udah akh, ga usah diinget2 lagi,,, ngerakeun euyh...

O iya, cara kerja disini juga lebih rapih, bertanggung jawab, sesuai dengan dunia deta saat ini,,, yaitu akuntansi,,, luamayan lah, bisa megang duit juga,,, hehe.. pembukuan juga rapih...
bisa belajar banyak ama A Yudhi juga,, coz dia tuh sarjana Ekonomi gitu...Emoticon Holic

Yup, gak nyesel deh pindah kerja ke WAY NET,,
Oia, pas malam minggu kemaren, deta juga nginep di DAY'S Net.. ketemu a Desman Juga,,, Hubungan deta ama Day's Baik2 aja kok,,, Alhamdulillah....

Apalagi ada beberapa pelanggan deta yang pindah warnet juga,,, jadi ke WAY...hehehe....
Sungguh terharu, ternyata ada juga yang menghargai jasa deta...
Yup, pelayanan yang baik akan membuat customer menjadi loyal juga... Emoticon Holic

Semoga kehidupan deta bisa berjalan lebih baik lagi... n bisa belajar bertanggung jawab juga,,,
bimbinglah hamba ya Allah.... Emoticon Holic


Oiya, buat kawan2 blogger yang ada di daerah Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Tulung Agung, Kediri, Nganjuk, Tuban, Bojonegoro, Ngawi dan Magetan.

Anda beruntung,,,, karena ada kompetisi Blog yang diadakan oleh TELKOM MADIUN.
Nah, kalo mau tau lebih lanjut, silahkan kunjungi

http://www.kompetisiblog.com/

Sayangnya, Lomba ini gak berlaku buat daerah Banten.... Kapan yah TELKOM BANTEN ngadain acara kaya beginian???

Oia, deta juga ikutan LOMBA BLOG REMAJA KISARA, BALI... doakan yah, Cz pengumuman pemenang akan diadakan pada 01 DESEMBER,,, haduh, jadi DAg-Dig-Dug Euyh...

Kalo mau tau tentang Kompetisi BLog nya, silahkan cepat-cepat keTKP yah...
More aboutLembaran Baru

SELAMAT TINGGAL SAYANG

Diposting oleh Deta on Rabu, 26 November 2008Rabu, 19 November 2008Senin, 03 November 2008

Wah, udah lama nie gak Posting....
Gw punya cerita yang agak kurang menyenangkan nie, entah gw juga bingung ama perasaan gw sendiri....
Mulai besok tanggal 4 November 2008 gw udah gak jaga lagi di DAY'S NEt, warnet yang udah gw jagain selama 10 bulan....
Warnet yang udah jadi rumah ke 2 gw... banyak banget kenangan disini, gw juga udah sayang bgt ama DAY'S.
Day's net adalah tempat pertama kali gw kerja. Tempat yang udah buat gw menjadi lebih tau tentang internet, tau blog n bisa kenal kalian semua teman-teman blogger....

Gw masuk pertama kali tgl 7 Januari 2008 saat sahabat gw TUTI
nawarin buat gantiin dia jaga ni warnet....

Yap,Emoticon Holic seneng banget pas di tawarin n gw tentunya gak menyia2kannya...
Tempatnya enak, rame, luas, gw bisa nginep di net n ngenet semaleman...

Bulan berganti bulan, gw udah mulai ngerasa gak nyaman lagi disini, Bos gw sering cemberut, pokoknya gak bersahabat deh, apalagi pas ada konflik intern di Day's, wah rasanya pengen pindah deh, apalagi setelah itu kondisi warnet jadi sangat memprihatinkan... banyak client2 yang protes... ampe pusing sayah...

Emoticon Holic pokoknya gw jadi gak betah deh....

Kejadian-kejadian tak menyenangkan itupun akhirnya berlalu, sekarang Bos gw udah mulai baik lagi n banyak senyum... jadi enak diajak ngobrolnya...

Apalagi setelah ada IFAT, sahabat gw satu lagi...
Kita bareng terus dari kelas X SMA sampe sekarang.... banyak hal yang gw lakukan bareng ama IFAT.... jadi gak kesepian lagi deh gw...

Makasih ya Fat... kita ngobrol bareng, nge BLOG bareng, cerita2 tentang cowok, nginep bareng.. tidur bareng..

Gw juga udah ngerasa nyaman ama lingkungan sekitar warnet, cz gw udah pada kenal, gw pasti bakalan kangen banget ama pelanggan-pelanggan gw, mulai dari yang baik hati ampe yang rese.... bapak-bapak yang sering minta tolong kirim email, ketik, segala macem deh,

Ade-ade gw yang selalu berisik kalo main game online, tp seru..... mba warteg yang dengan setia nyiapin gw makanan, aa nasi padang yang genit, tukang Nasgor langganan gw.. wah pak, bakal jarang makan nasgor lagi nieh... Emoticon Holic padahal enak nasgornya...

Tapi enaknya gak bakal ditindihin ifat lagi kalo tidur... Emoticon Holic

Yah, gw pasti kangen ama DAY's Net...

Tapi gw juga bakal pindah ke warnet kok, yang punya bang yudhi, namanya WAYNET disana juga gw udah lumayan kenal ama kuncen-kuncennya, tp disana kebanyakan yang game online, cowo-cowo lagi kalo di DAY'S c kebanyakan anak kampus UPI SERANG.
Keliatan kan perbedaan nya??

Disana juga enak c, gajinya juga lebih gede...

Tapi alasan utama gw pindah, gw pengen ada aturan yang bisa mengikat gw supaya gak bertindak sewenang-wenang. halah, bahasa gw,,,,

Yang gw rasain akhir-akhir ini gak ada pengawasan bagi karyawannya... dan gw bisa dengan mudahnya berbuat curang disini...

Enak bgt kan kerja di DAY'S net???
Tp gw ngerasa ini semua harus berakhir,,,, jadi pas ada kesempatan, TRI pindah dari WAYNET, gw yang ngisi, gw berharap gw bakal bisa lebih disiplin n ngerti akan dunia kerja sesungguhnya yang ada aturan didalamnya...

Menurut kalian gw bener gak c ambil keputusan ini???

Tp gw juga dah ngerasa Day's net rumah gw.... awalnya c gw nyesel dah izin buat pindah, apalagi keadaan DAY'S udah jauh lebih baik.... tp yah masa gw mau tarik keputusan gw lagi???

Gw kehilangan banget, kehilangan DAYS rasanya sama seperti gw kehilangan seorang pacar yang gw sayang... hahahahah... lebay gak c?Emoticon Holic

Semoga di Warnet yang baru gw bisa jadi lebih baik lagi... AMIN...
Selamat tinggal DAYS NET ku Sayang...


Oia, gw dapet AWARD nie dari IFAT



Makasih yah IFAT....

Apalagi ada diurutan pertama penerima Award.. Emoticon Holic

More aboutSELAMAT TINGGAL SAYANG

Follower