Yoga Diharamkan????

Diposting oleh Deta on Rabu, 26 November 2008


Hah? Yoga Haram??

Yap, MFKM (Majelis Fatwa Kebangsaan Malaysia), pada Sabtu (22/11) memfatwakan kalo Yoga Olahraga buat kesehatan itu haram....

Kenapa haram??
Yoga itu haram buat seorang muslim jika dilakukan secara sistematik yang terdiri dari gerakan fisik, baca mantera (doa-doa) hindu, dan meditasi yang menyatukan diri manusia dengan tuhan.

Tapi yoga yang mana dulu nie yang dilarang MFKM??

"Jika dilakukan secara sistematik yang mengandung ketiga unsur tadi maka hal itu bertentangan dengan syariat Islam. Haram hukumnya," kata ketua MFKM Prof Dr Abdul Shukor Husin, dalam jumpa pers di Putrajaya, Sabtu.

Tapi jika melakukan yoga sebagai suatu senam atau olah raga saja itu tidak diharamkan, namun umat Islam disarankan untuk tetap tidak melakukannya, karena khawatir masuk lebih jauh kepada yoga sistematik, kata Abdul Shukor.

Akh, emang Tau dari mana Yoga haram???

Eitz, Larangan itu dikeluarkan setelah melakukan kajian dan penelitian lho! Emoticon Holic

"Setelah meneliti dan mengkaji semua masukan, serta mempelajari yoga yang berasal dari masyarakat Hindu sebelum Masehi ternyata merupakan gabungan gerakan fisik, unsur religius, doa dan pemujaan untuk mendapatkan ketenangan yang akhirnya seolah-olah sudah menyatu dirinya dengan tuhan. Ini tidak sesuai dan merusak akidah," katanya.

Pelarangan yoga sistematik bagi umat Islam berlaku juga di Singapura dan Mesir. Jadi Malaysia tidak sendirian dan juga tidak yang pertama mengharamkan yoga sistematik, tambahnya.

Awalnya Fatwa MFKM itu muncul setelah seorang dosen di UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia) Prof Zakaria Stapa menasihatkan orang Islam yang mengikuti senam yoga untuk menghentikannya karena dapat mengganggu akidah."Sholat jauh lebih membuat ketenangan jiwa dibandingkan yoga," kata Zakaria.

Lho...Lho...tapi kan...tapi....

Yoga cuma sebuah olahraga untuk meningkatkan kesehatan...udah populer n banyak juga dipraktekan di mancanegara...
Yoga center bahkan merebak di Arab Saudi dan United Arab Emirates menjadi suatu gaya hidup sehat.

Keputusan MFKM itu menimbulkan pro dan kontra di negeri jiran itu sendiri. SIS (sister in Islam) dan beberapa praktisi yoga menyatakan kekecewaan terhadap keputusan itu karena yoga hanyalah sebuah bentuk olahraga.

Manager program SIS, sebuah organisasi Islam yang moderat di Malaysia, Norhayati Kaprawi mengatakan kepada harian The Star, banyak muslim di Malaysia melakukan yoga sebagai suatu olahraga untuk menjaga kesehatan.

"Saya tidak sampai berpikiran yoga menjadi penyebab seorang muslim pindah menjadi hindu atau mengurangi keyakinannya terhadap Islam. Yoga hanyalah sebuah olahraga seperti qigong atau taichi yang akarnya adalah Budha," kata Norhayati.

Norhayati mengatakan, keputusan itu seolah-olah yoga menjadi ancaman Islam. "Seharusnya majelis fatwa kebangsaan lebih fokus pada isu-isu besar seperti politik uang atau korupsi yang juga merebak di umat Islam," ujar dia.

SIS telah mengadakan klas yoga mingguan sejak setahun lalu, dan dengan keputusan itu bukan menjadi masalah untuk LSM ini melanjutkan olahraga itu.

Coba kita dengarkan juga penuturan dari Pelatih yoga selama 30 tahun lalu, namanya Siti Suheila Merican bilang," isu itu tidak perlu dibesar-besarkan karena banyak umat Islam di Timur tengah yang melakukan olahraga ini tanpa ada percekcokan. "Yoga memang seharusnya dilakukan tanpa perlu baca doa atau mantera dan meditasi yang menyatukan diri dengan tuhan," katanya.

Nah lo.....


Ada juga, Seorang guru Hafiza Yahya, 26 Thn, kepada harian The Star, mengaku belajar yoga melalui buku sejak lima tahun lalu. "Di dalam kelas yoga, instruktur akan minta anda untuk membaca mantera-mantera Hindu. Tapi dalam latihan saya tidak ikuti semuanya, alhasil setelah melahirkan berat badannya dapat dikurangi hingga 30 Kg.
Hah???? 30 KILO bo.....

Seorang tokoh agama Islam di Singapura, Pasuni Maulan, 64 Thn mengatakan kepada harian The Star, bahwa kegiatan fisik yang ada unsur religius dan mistik bukan hanya pada yoga dan Hindu. Silat, yang akarnya adalah kegiatan fisik dan bela diri dari Melayu juga menggabungkan unsur mistik yang seharusnya juga dilarang oleh Islam.

Yoga adalah latihan fisik untuk kesehatan yang lahir sejak 3.300 tahun sebelum masehi yang dipecayai dapat memperlambat penuaan, mengurangkan resiko kencing manis, lelah dan penyakit yang terkait dengan jantung.
Hm, Yoga banyak juga manfaatnya....

Hayo.... segitu banyaknya manfaat yang bisa kita ambil dari YOGA..
Kenapa juga mesti haram....

Eits tunggu dulu, Ternyata MFKM bukan melarang YOGA nya,,,, yang dilarang adalah jika kegiatan itu diikuti oleh pembacaan doa-doa Hindu dan meditasi yang menyatukan diri dengan tuhan. Jika hanya ikuti gerakan fisiknya, tidak dilarang, tapi MUI Malaysia hanya menyarankan umat Islam untuk tidak ikuti senam yoga, karena khawatir masuk terlalu jauh.
sumber : Kompas.com

Kalo menurut gw sendiri c.... yoga itu gak harus dilakukan dengan mengucapkan doa-doa agama tertentu,,, Yoga lebih cenderung butuh konsentrasi, keseimbangan, pengaturan nafas, nggak harus melafalkan doa, kan jadinya sama dengan olahraga!ya tho... ya tho....???

Terus, masalah meditasi.... sebenernya meditasi bukan cuma diartikan sebagai proses menyatukan diri dgn tuhan,, meditasi itu kan salah satu teknik relaksasi, memusatkan pikiran,mengatur nafas, sama dengan autohipnosis (menghipnotis diri sendiri dgn membayangkan,Emoticon Holic
Contohnya membayangkan kita duduk d pantai, sungai, rawa , ato di pegunungan yang adem,

Yauda, yauda, gusah diributin... Yang penting mah kita semua gak bakalan bercerai-berai cuma karena masalah itu...
Masih banyak masalah-masalah yang harus kita tuntaskan...
Oi,,,Oi,,, pak SBY baru pulang yah dari pertemuan APEC di Lima,Peru.
Bawa Rombongan ampe 100 orang lagi..... hahahahha,, kaya yah negara kita! Emoticon Holic

Op...OP..Op Kembali ke topik........
Lanjut nie....
Kalau memang Yoga dianggap bisa menyebabkan seorang muslim menjadi goyah,, ya itu sih gimana individunya aja,kalau dia memang muslim yg kuat imannya,dia nggak akan berpaling dari keyakinannya kan???

Eh...eh.... kalo YOGA kan biasanya suka pada baju ketat gitu yah... Noh, kaya Gambar diatas ituh.... Nah lo... trs gimana Tuh??

Jadi, apa tanggapan kamu tentang YOGA???

Haramkah Yoga?? Halalkah Yoga??


{ 23 komentar... read them below or add one }

BLaGaBLoGer mengatakan...

Yeeeeeee,,,,,,


PERTAMAXXXXX.....

BuDIOnO mengatakan...

weleh2
klo mnurut gw sih.....
selama itu baek kenapa harus diharamkan?
*meskipun gw bkn muslim sih*
yoga kan no problem? kecuali klo ada orang yang senam striptis di diskotik
nah itu baru.......yah begitulah

Kuyus is cute mengatakan...

ya gitu dech, tadinya mau bilang .. jangan fanatik agh ..

eh rupanya ini sudah lewat survei dan penelitian yah.

Kalau gt kembali ke indivualnya aja. Mau mengganggap yoga sebagai sarana apa ..

LUPA !! KEDUAX !!

ifat mengatakan...

sitting masa yang pertama yang isi
wkwkwkwkwkwk

che fat lom pernah yoga tuch takut kepelintir

hahahahahah.....just kiding

lo gk kangen ya ma ifat, kapan nih nginep lagi di day..ada cerita seru loh

fat tunggu di day ya

Bani Biasa mengatakan...

aduh yoga tuh bikin saraf putus!

miTadRiani mengatakan...

iiiihh keduluan deh..
barusan mao posting ttg ini!

Menurut gw gila!! Kenapa apa2 diharamkan!! Yaaa beda hal dgn ngerokok siyh.. Walopun sebenernya gw gak s7 klo rokok jg haram.. Paling gak, yoga tuh bda dgn rokok! Yoga kan gak ngeganggu org laen...

BlagaBloGer mengatakan...

@ BuDIOnO
Waduh, kalo senam di Diskotik mah emang gak boleh,,, hahhaha..... ntar lapangan senam kosong lagi....

Jep..ajep..ajep...

@ Kuyus is cute
Iyap.... iyap.... tambahlah Iman dan takwa kita...

Hehehehe... yg ke DUAX BuDIOnO
anda kurang beruntung....

@ ifat
Sama, lom pernah ikutan YOGA juga c.... Bisi kepelintir!!!
wkwkwkwk

Hayu aja,,,, mari kita berGosip Ria...

@ Bani Biasa

Maksud lo ban??? Kepelintir???

@ miTadRiani

Yup.... Keduluan deh mitha...

Ho'oh..... Tp kata MFKM yg diharamkan tuh Doa-Doanya aja... kalo gerakannya c gak Haram...

alitkarnajaya mengatakan...

Hmm..

Aq sebagai umat hindu nganggepnya ini terlalu berlebihan ya. Kita masing2 juga bisa menilai, yang mana yang bisa kita masukin yang mana engga.

Memang ada yoga yg make mantra, tapi itu yoga ancient. Perkembangan sekarang kebanyakan yoga umum.

Ketakutan2 itu boleh aja sih. Tapi rasional aja, ga usah berlebihan.

btw blognya mantab bang.. (eh, bang ato mbak y??)

Ridu.web.id mengatakan...

gw sempet baca juga mengenai fatwa ini di kantor berita antara.. menurut gw sih ya.. gak papa lah.. yang penting niat dari kita.. niatnya kan buat kesehatan kan.. bukan berpindah agama..

BlagaBloGer mengatakan...

@ alitkarnajaya
Yuph.... semuanya tergantung niat...
Waduh,,,, ini blognya Mba Deta toh mas.... bukan Mas deta...
hihihihi...

@ Ridu
Bener-bener..... lagian kalo buat kesehatan aja gak haram kok kata MFKM juga....

Hm... tapi kalo pake baju ketat dalam islam itu gimana hayo....???

therunk mengatakan...

ergantung dari prakteknya tuh..
kalo pake baca mantra namanya syirik
kalo ga pake baca ya ga papa toh..
kan buat kesehatan.

BlaGaBloGer mengatakan...

@ therunk

Wah, ternyata pada sama semua yah jawabannya....

indra putu achyar mengatakan...

yaaa mudah-mudahan azza dengan adanya KPK, indonesia jadi anti korupsi...
SETUJU!!!!

zairy mengatakan...

semua hal didunia inikan tergantung niat... tapi niat manusia juga ngga bisa dinilai.. mungkin fatwa yang mengatakan haram tujuannya juga baik menghindari yang negatif.. tapi up to urselve juga siihh kalau suka olahraga yoga dan memang untuk kesehatan..kuncinya cuma niat-nya apakan... :)

Andres Putra Purnama mengatakan...

thanks for information

duhhh jd ga bisa hdup shat donk?? pdahal yoga kan bagusss
xp

aulia mengatakan...

pendapat jaim ku berkata ^^ Yoga diharamkan oleh 'Ulama', berarti baeknya kita ricek ulang deh tuh apa2 aja yang menjadi akar keharamannya... Katanya Islam itu kan agama tauhid, yang memurnikan ketauhidan itu sendiri (arti dari surat Al-Ikhlas).. Jadi kalo2 ada yang bikin ga murni 24 karat lagi, perlu dah tuh digesek ampe murni,,, asli 100%... Ga penting apapun namanya, Yoga ke, Yoga Perjuangan kek, kalo ada unsur2 yang bikin kotor jadi kotorlah semuanya... Terakhir juga katnya (lho), siapa aja yang ikut meniru-niru suatu kaum, maka katanya secara de facto jadilah kaum tersebut... huhu

ndop mengatakan...

untung aq ndak penah beryoga2 ria.. halah ngapain gitu2an.. mending lari bkn keringetan.. woukekeke..

Mia Arizona mengatakan...

Hiii...,masalahnya bukan sekedar Haram atau Halal melakukan YOGA sistematik....... ,menurut aq sih...lebih kepada kekhawatiran...pada umat Islam itu sendiri ..terutama di Malaysia seperti juga di Indonesia dehhhh...,umat Islamnya sering ...cepat LARUT sama sesuatu yang baru dan dianggap lebih oke ...walaupun untuk alasan kesehatan....,sebenarnya dan itu juga sdh dibuktikan secara ilmiah..sholat itu sangat jauh lebih lebih manfaat untuk umat Islam dalam hal kesehatan.......eh..panjang banget yahhh ?? ;-)....jadi yang ditakutkan lebih kepada umat Islamnya sendiri yang seperti itu...selalu sialu kalau melihat yang dari luar.....?

BlaGaBloGer mengatakan...

@ indra putu achyar
Yap, setuju....
semoga Korupsi bisa punah dari tanah air Indonesia(trs, hub, ama Yoga apa?)*Celingukan*

@ zairy
Bener, semuanya tergantung Niat...
Hidup sehat Indonesia!

@ Andres Putra Purnama
Sama-sama....

Bisa Olahraga apa aja kok, supaya sehat ^_^

@ aulia
sudah ada penjelasannya diatas, apa yg diharamkan MFKM!
trs, kalo pake baju ketat itu gimana yah??? kan bentuk tubuh juga aurat tuh....

lalu ??????

@therunk
hehehe.... mantra-mantraan... kaya mbah dukun ajah!

@ ndop

Yuk, ada banyak jalan menuju roma...
eh, sehat ding... ^_^

@ Mia Arizona
Yang bermanfaat dan halal boleh kita ikuti, tp kalo yang haram n pastinya gak bermanfaat, ga usah!
makanya itu perlu ada penelitian, haramkah?halalkah?

Mia Arizona mengatakan...

Penelitiannya sih dah jelas....seperti yang dilansir badan islam di MY dll ,yang belum pernah diteliti adalah seberapa besar umat islam yang karena ke luguannya or ke silauannya yang ..menjadikan yoga sebagai pengganti atau suplemen spritualnya diluar sholat...??!? ;-)

san-chez mengatakan...

ho.... baru tau kalo yoga itu ada unsur doa-doanya...
hweheheh

neerey mengatakan...

i found ur blog while searching for haramkah yoga. thx for the article. i also want to borrow ur entry. can i? i learn yoga from my aunt who is a malay. i practice yoga if i am in period pain. it works. yoga ini banyak baiknye. selagi kita tidak la mengamalkan doa-doa hindu dan terus mengharapkan yoga dan mengabaikan perintah2 Allah. jadi itulah yang dikatakan haram. mengamalkan satu senaman dan renggangan tidak lah bercanggah dari agama kita. malah ia nya bagus untuk kesihatan diri dan menyihatkan badan agar umat Islam sentiasa kelihatan sehat dan cergas.

endah mengatakan...

ada beberapa orang yang ketika mereka melakukan sholat tp gak dpt apa2cuma menganggap tu rutinitas untuk membangun image,lalu mereka lari ke meditasi dan yoga karena disanalah mereka menemukan ketenangan,dan menurutku itulah yang haram...gmn tmen2 ada yang sependapat?

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^

Follower