Download Film Jepang Okuribito-Departures

Diposting oleh Deta on Rabu, 27 Januari 2010

Kemarin abang deta minta di download-in Film Jepang Okuribito atau bahasa Inggrisnya Departures, kalo di translate ke bahasa Indonesia artinya Sang Pengantar. Film ini tayang tahun 2008. Film ini pun dapet penghargaan loh, Oscar Winner Best Foreign Language Film.

Oke, akhirnya deta download deh film ini, lumayan besar juga filenya, tapi setelah baca sinopsis film Okuribito ini di blognya mbak imelda, tepatnya di http://imelda.coutrier.com/ ceritanya cukup keren, apalagi mbak imelda juga sekarang tinggal di Jepang. jadi penjelasannya bagus.

Sinopsis Okuribito

Cerita bermula dengan kisah pemecatan seorang pemain cello dari Orkes Kamar yang terpaksa dibubarkan. Daigo Kobayashi terpaksa menjual cello yang dibelinya seharga 1.8000.000 yen dan pulang kembali ke kampung halamannya di Yamagata bersama istrinya. Dia menempati rumah yang ditinggalkan ibunya yang meninggal 2 tahun sebelumnya. Rumah itu bekas night club (snack) yang sebelumnya pernah juga menjadi kedai kopi yang dikelola ayahnya. Ayah Daigo ini meninggalkan rumah itu sewaktu Daigo masih kecil, bersama perempuan muda yang dicintainya. Ingatan Daigo akan ayahnya hanyalah betapa dia harus merasa tersiksa berlatih cello sejak TK. Sedangkan wajah ayahnya pun dia tidak ingat.

Segera setelah kepindahan ke Yamagata, Daigo mencari lowongan pekerjaan dan mendapatkan iklan mencari pegawai di NK Agency. Di iklan tersebut hanya dikatakan “membantu perjalanan”, jadi dia berpikir menjadi guide atau koordinator travel. Tapi ternyata NK Agency itu adalah singkatan dari NouKan Agency, yang berarti “penaruh jenazah ke dalam peti”. (Mungkin kalau di Indonesia kita bisa bayangkan orang yang pekerjaannya memandikan jenazah ya). Kantor itu sendiri terdiri dari Direktur Sasaki Shoei, dan sekretarisnya. Daigo langsung diterima dan membawa pulang gaji pertamanya sebesar 500.000 yen (gaji yang besar, lebih besar dari gaji pegawai biasa!)

Karena gaji besar itulah, dia mencoba bertahan, dan menjalankan tugas pertamanya yaitu menjadi “jenazah” untuk pembuatan video ahli Noukan. Tantangan pertama selesai, dihadapi dengan tantangan kedua, yaitu harus membantu Sang Direktur untuk “menghias” jenazah seorang nenek yang ditemukan 2 minggu setelah meninggal. Sambil muntah-muntah (maaf….) dia melaksanakan tugasnya yang pertama sebagai (asisten) Noukan. Pengalaman dengan mayat yang sudah membusuk itu dilewati tidak dengan mudah. Apalagi setelah istrinya menemukan video yang memalukan itu dan memintanya untuk berhenti. Tapi Daigo berkeras untuk melanjutkan pekerjaan yang dianggap hina oleh istri dan teman-temannya, sehingga istrinya meninggalkan dia.

Daigo mulai “menikmati” pekerjaannya, dan mulai melaksanakan tugasnya sendiri, bukan sebagai asisten. Sampai pada suatu hari istrinya kembali dan membawa kabar bahwa ia mengandung anaknya, dan untuk itu minta… memohon agar Daigo berhenti bekerja sebagai Noukan. Tepat saat itu ada telepon yang memberitahukan kematian seorang kenalan mereka, nenek yang mempunyai public bath (sento). Saat mereka melayat, istrinya pertama kali melihat “kerja” suaminya, yang mendandani jenazah yang terbujur kaku, mencuci, mengganti kimono dan merias wajahnya, sehingga bisa tampil cantik di dalam peti jenazah. Nenek itu adalah ibu dari temannya yang mencemooh dia karena bekerja sebagai noukan. Dan saat itu mereka menyadari betapa penting dan indahnyanya pekerjaan Daigo.

Istri Daigo yang sudah menerima suaminya bekerja sebagai Noukan menyambut musim semi dengan riang. Tapi seorang petugas pos mengantar telegram yang mengabarkan kematian ayah Daigo yang sudah lama tak diketahui kabarnya. Dilema bagi Daigo apakah dia akan pergi menemui ayahnya yang sudah meninggal atau tidak. Dia benci pada ayahnya yang sudah meninggalkan dia demi seorang wanita lain. Tetapi ternyata sang ayah tidak bersama siapa-siapa, dia bekerja sebagai pembantu nelayan di pelabuhan sampai akhir hidupnya. Daigo akhirnya melayani ayahnya untuk yang terakhir kalinya sekaligus memperbaiki hubungan mereka.

Sebuah film yang menguras airmata, karena memang kematian itu menyedihkan bukan? Tapi kematian adalah suatu tahap yang mau tidak mau kita lalui. Film yang bagus dan layak untuk ditonton. Melalui film ini selain mengetahui kebudayaan Jepang, juga bisa melihat sisi kemanusiaan yang universal.

Perlu saya tambahkan di sini bahwa Motoki sendiri yang memilih skenario ini untuk dia pelajari, dan proses pembuatan film memakan waktu 10 tahun. Diapun mempelajari cara memainkan cello dengan sungguh-sungguh, dan sebelum pemutaran film, dia tampil di muka masyarakat yamagata, tempat lokasi film itu. Sang produser juga tidak berharap film ini akan laku untuk kepentingan komersial karena isu yang dibawa sangat peka, menyangkut tatanan hidup bangsa Jepang. Perlu diketahui juga bahwa pekerjaan seperti ini, yang menyangkut orang mati, dulu merupakan pekerjaan yang hina yang hanya dilakukan oleh pendatang (terutama orang korea). Memang bukan seperti perbedaan kasta, tapi yang jelas pekerjaan ini hina.

Bagi kamu yang tertarik dengan film ini, kamu bisa download filmnya disini.

CD 1, Englis Subtitle CD 1

CD 2, English Subtitle CD 2

{ 12 komentar... read them below or add one }

annosmile mengatakan...

sinopsis film yang menarik
kayaknya sudah dikupas habis cerita daigo sejak keluar dari pekerjaannya bermain celo sampai menjadi NK.
tapi kalau dalam film isinya cuma merias mayat dan menandikan mayat ya horor sekali
ndak tega liatnya
wkwkwkwk

Zippy mengatakan...

Haduh...ngeri mah kalo berhubungan dengan mayat, takut gak bisa tidur, wkwkwkwkwkkw....

andritea mengatakan...

hemm mau donlot..tapi koneksi lagi lemot....kapan2 deh....hihihi mampir non.. :)

robby aj mengatakan...

ada subtitle indo nya ga sih,,, please....

Anonim mengatakan...

request transletin subtitle nya dunk ke indo plis...

Re.Chan mengatakan...

udah pernah diputer yak di metroTV
kalo ga salah hari sabtu jam 10an gitu...
aku da tau critanya...keren dech! :D

Anonim mengatakan...

CD 2 nya gak bisa kebuka tuh, kayaknya sama dengan CD 1 nya.
mohonm pencerahannya gan .. :)

Anonim mengatakan...

CD 2 nya kok gak bisa di download yah...
trus sepertinya filenya sama dengan CD 1 nya bukan ya?

Anonim mengatakan...

subtitle cd 2 nya gal bisa di download nih admin :(

John mengatakan...

tq2 filmnya ... udah selesai DL.. tapi ada masalah di subtitle CD2nya kok ga bisa di DL??????

sapri mengatakan...

gmn ya cari yg mudah...klo down load moso 1 hari 6 jam...!!

sapri mengatakan...

bagus bget...tp komptr ku lg lemot bget....moso download 1 hari 6 jam..

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^

Follower