Pe'er n Award

Diposkan oleh Deta on Senin, 22 September 2008Rabu, 17 September 2008Kamis, 11 September 2008Rabu, 10 September 2008Selasa, 09 September 2008Jumat, 05 September 2008

Wah, dapet Pe'er nih dari Ifat ..
sebenernya c kemaren dikasihnya.. maaf yah baru bisa dikerjain sekarang... Emoticon Holic

aya-aya wae, ternyata dunia blog juga punya Pe'er... hahaha..

Baru ifat nie yang ngasih gw Pe'er.. katanya biar para blogger lebih bisa dekat.. jauh dimata dekat dihati.... cailah...

Pe'ernya disuruh buat 10 Poin tentang Deta... hahahah, ternyata ada juga yang mau tau tentang deta... aku.. aku.. jadi
Emoticon Holic Loh kok??

Oke de, daripada banyak Cingcong, langsung aja mulai..
  1. DETA (Nama yang sungguh jarang didengar) , kalo mau tau lebih jauh asal nama deta dari mana, klik aja Disini
  2. Anak ke dua dari 3 Bersaudara, kaka gw namanya Ingga Hermin Nuarika, adik gw namanya Deris Nursakti Yoa Rizki, kaka gw yang atu lagi kemana yah?? Kacang, lo kemana? gw kangeeeeeennn....
  3. sekarang Mahasiswi di STIE BINA BANGSA BANTEN, jurusan Terminal Pakupatan..
  4. Punya beberapa penyakit yang sungguh melekat erat dalam kehidupan, yaitu... PELOR, Yah, gw emang gampang banget tidur.. Makannya banyak walau badan ga Gede-Gede, Entah Kenapa gw Sering banget kejedot.. Emoticon Holic
  5. Punya Cita-cita jadi seorang Auditor dan Punya Perpustakaan di rumah sendiri
  6. Kalo ada dirumah, diusahakan bisa bantuin Ibu cuci Piring,, kebiasaan yang sekarang dah jarang banget dilakukan.. Tau knapa kalo dah Cuci piring, jadi tenang aza Bawa'an nya!sekalian ngelamun getoo!n biasanya Inspirasi muncul ketika Cuci Piring!
  7. Suka ma DORAEMON
  8. Banyak ngomong, suka ngobrol, suka......
  9. Suka baca, baca apapun tapi keseringan c baca plang-plang iklan dipinggir jalan,, hahaha..
  10. Gak suka musik yang bikin budek
Hmmmm... udah deh Pe'er Selese...
bagaimana Ibu
Ifat ??? berapa nilai saya????



UPDATE

wah, selain dapet Pe'Er dari Ifat, gw juga sekaligus dapet ......

Eng Ing Eng...


My First Award...

thanks ya Ifat .. cewe yang bilang gw perangko!!! hahahaha..

walaupun Masih Ecek-Ecek tapi blogerkesambet teteup pengen ngasi Award juga :D

Ok, Award ini gw lanjutkan ke....

Bani yang uda bantuin kasih tau tentang referal.. n nemenin ceting..


Monyet Gaul Gw suka ama Blognya, Coz enak dibaca! Tapi kapan Updatenya???


Blegarblegor gw yang ngasi nama ni Blog!!! Hahahah.. n yang Mpunya cool banget.. Suka Ngo-cool. Perut sayah ampe sakit…


’Za Yang bener-bener Geblek.. n pengalaman-pengalamannya yang lucu...


Ndop Blogna kewren.. n banyak memberikan insirasi n pengetahuan pada Blog ini..


Diambil yah kawand.. ^_^
More aboutPe'er n Award

Jangan ngerjain SEKAMPUNG!!!

Diposkan oleh Deta on Senin, 22 September 2008Rabu, 17 September 2008Kamis, 11 September 2008Rabu, 10 September 2008Selasa, 09 September 2008Jumat, 05 September 2008

Siang bolong ngerjain tugas AKUNTANSI MENENGAH II, mana susah, deadline udah deket banget..... banyak pisan...
Ngomongnya c mau dikerjain baren-bareng.. ujungnya cm beberapa orang yang getol ngerjain...
banyak becanda juga c, ada yang ngerjain, ada yang narsis dewek ada yang bengong, ada yang teleponan, akh,, seperti yang sudah-sudah bo'ong banget bisa konsen ngerjain tugas atawa belajar kalo banyak orang...
ya Contohnya seperti ini...

ketawa-ketawa aja yang ada.. tugas mah lom beres... sampe akhirnya nyerah dan pada ketularan Orang yang lagi Narsis ini Tri Namanya





sebenernya banyak c foto2 Narsisnya, tapi gw takut kalian pada muntah ngeliatnya,,, sumpah jelek banget... hahahahah...

Dan ada sang Fotografer gadungan yang ngakunya Oerang Imoet punya ide yang sungguh Briliant, ini dia realisasi idenya...


dengan sedikit paksaan dan rayuan, akhirnya gw berada ditengah2 situasi yang tak menyenangkan itu... "mamah sabar yah, papah emang gak punya perasaan.. padahal Bulan puasa gini.... masih aja selingkuh.." begitulah seperti yang ada dalam skenario sutradara yang ngakunya
Oerang Imoet


Makna yang bisa diambil dari postingan gw kali ini adalah...
JANGAN NGERJAIN TUGAS SEKAMPUNG.. Cz GA' AKAN EFEKTIF deh....

Kamu punya pengalaman yang sama??
Berhasil kelar gak tu tugas???

ayo,share dunk!! Anggep aja rumah sendiri... ^_^

More aboutJangan ngerjain SEKAMPUNG!!!

HIV/AIDS

Diposkan oleh Deta on Senin, 22 September 2008Rabu, 17 September 2008Kamis, 11 September 2008Rabu, 10 September 2008Selasa, 09 September 2008Jumat, 05 September 2008

HIV AIDS, mendengarnya saja kita pasti membayangkan sesuatu yang menakutkan, mulai dari bebas, dunia malam, penyakit mematikan, dan semua hal-hal negatif lainnya.

Sebenarnya AIDS itu apa sih?
Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV; AIDS merupakan bentuk terparah akibat infeksi HIV.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah retrovirus yang biasanya menyerang organ vital sistem kekebalan manusia seperti sel T CD4+ (sejenis sel T), makrofag, dan sel dendritik.

HIV secara langsung dan tidak langsung merusak sel T CD4+, padahal sel T CD4++ dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh berfungsi baik. Jika HIV membunuh sel T CD4sampai terdapat kurang dari 200 sel T CD4+ per mikroliter (┬ÁL) darah, kekebalan selular hilang, dan akibatnya ialah kondisi yang disebut AIDS.

Infeksi akut HIV dilanjutkan dengan infeksi HIV laten klinis sampai terjadinya gejala infeksi HIV awal dan kemudian AIDS, yang diidentifikasi berdasarkan jumlah sel T CD4+ di dalam darah dan adanya infeksi tertentu.
Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

AIDS juga merupakan suatu penyakit menular, HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkankan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan , cairan preseminal, dan air susu ibu.

Penularan HIV/AIDS dapat terjadi melalui hubungan intim ( normal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Karena keterkaitannya dengan perilaku yang mungkin dianggap tidak layak oleh banyak orang, infeksi HIV menjadi terstigma.

Orang yang hidup dengan virus itu sering menjadi korban diskriminasi dan pelanggaran hak-hak asasi manusia, banyak di antaranya yang dikeluarkan dari pekerjaannya atau dari rumahnya, ditolak oleh keluarga dan kawan-kawannya, dan beberapa bahkan dikucilkan serta diasingkan.

Stigma dan diskriminasi keduanya menjelma menjadi penghalang terbesar bagi penanganan efektif epidemi ini. Stigma dan diskriminasi membuat pemerintah tidak cukup berani untuk mengakui atau mengambil tindakan tepat waktu terhadap AIDS.

Keduanya juga membuat orang takut mengetahui status HIV mereka. Stigma dan diskriminasi itu juga menghambat mereka yang mengetahui bahwa mereka terinfeksi tidak menceritakannya kepada orang lain dan untuk kemudian mengambil tindakan guna melindungi orang lain dan mencari perawatan dan pengobatan bagi diri mereka sendiri.

Pengalaman mengajarkan bahwa keterlibatan yang kuat dari orang-orang yang hidup dengan HIV (ODHA) yang mendapatkan dukungan timbal balik dan suara di tingkat lokal dan nasional biasanya efektif dalam mengatasi stigma.

Terlebih lagi, adanya pengobatan menjadikan tugas ini menjadi lebih mudah: di mana ada harapan, orang menjadi tidak terlalu takut terhadap AIDS; mereka lebih terbuka dan berani menjalani tes HIV, untuk mengetahui status mereka dan mencari perawatan yang intensif sebagai tindak lanjut pengobatan serta pencegahan jika telah tertular.

Jadi kita sebagai masyarakat yang merupakan makhluk sosial, khususnya remaja harus mempunyai pandangan yang lebih positif dan terbuka terhadap masalah penderiita HIV ini...

Lalu yang bisa kita lakukan???

Kita sebaiknya mencari informasi selengkap-lengkapnya agar kita mengerti betul apa itu AIDS dan cara penularannya serta pencegahannya.
Setelah itu kita dapat memberikan informasi itu kepada orang lain dan mengajak orang lain untuk lebih peduli terhadap permasalahan ini, karena AIDS sudah menjadi suatu penyakit epidemi di negara ini.

Kita sebagai remaja yang sering dikait-kaitkan dengan HIV/AIDS marilah kita buktikan pada negara ini dan dunia, bahwa remaja Indonesia dapat menghindari HIV AIDS.

Untuk itu remaja hendaknya, melakukan hal-hal positif, seperti olahraga, aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan maupun sekolah dan belajar demi menggapai masa depan indah seperti yang kita inginkan, tidak menggunakan narkoba khususnya dengan alat suntik dan tidak melakukan bebas terlebih lagi yang tidak aman.

Dan bagi teman-teman ODHA kita masih dapat berbuat banyak bagi negeri ini, salah satunnya dengan cara memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada teman-teman agar menghindari segala hal-hal negatif yang dapat menjerumuskan kita kedalam HIV/AIDS dan memberikan semangat hidup bagi penderita HIV/AIDS lainnya.

Remaja harus Semangat dan Kreatif, ya khan?? Untuk itu, dengan kemauan dan tekad yang kuat marilah kita ciptakan masa remaja yang lebih bermakna dan indah dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif.

Kita tutup masa lalu dan songsonglah masa depan!!


Referensi :Wikipedia, cafenovel
More aboutHIV/AIDS

Kenikamatan Yang Merugikan

Diposkan oleh Deta on Senin, 22 September 2008Rabu, 17 September 2008Kamis, 11 September 2008Rabu, 10 September 2008Selasa, 09 September 2008Jumat, 05 September 2008

Sekarang ini yang namanya rokok gak kenal umur yah... dari kakek-kakek, bapak-bapak, malahan anak-anak juga ikut menghisap rokok... gak ketinggalan kaum Hawa pun ikutan..

Tadi juga pas pulang dari kampus sempet ngeliat anak usia SD yang ngerokok... Ckckckckc..... Jadi pengen posting tentang rokok..
pasti setiap orang tau bagaimana be
ntuk rokok, karena udah saking memboomingnya perokokan..

Pertama kali rokok digunakan oleh suku bangsa Indian di Amerika. Untuk keperluan Ritual memuja dewa atau Roh.

Dan pada abad 16, Bangsa Eropa Menemukan benua Amerika, sebagaian para penjelajah Eropa itu pun mulai mencoba-coba menghisap rokok dan akhirnya dibawa kedaratan Eropa.

Dan muncul kebiasaan baru di kalangan bangsa Eropa yaitu Merokok tapi hanya untuk kesenangan semata.

Dan pada bad 17 Para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk ke Negara-negara Islam.

Tapi kenapa sih merokok itu dilarang sampai ada isu di HARAMkan MUI?

Karena rokok terbukti mengandung berbagai jenis bahan kimia berbahaya, diantaranya Nikotin. Menurut pakar atau ahli kimia, Nikotin yang terdapat dalam setiap batang rokok atau pada daun tembakau adalah ternyata sejenis kimia memabukan yang diistilahkan sebagai candu. Dan setiap yang memabukan itu dilarang dalam islam.


Apa saja kandungan rokok dan apa efeknya bagi kesehatan?

Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. 60 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

  • Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
  • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
  • Karbon monoksida merupakan zat yang sama yang digunakan orang bunuh diri dengan menghidupkan mesin mobil dalam garasi yang tertutup. Dalam kuantitas yang kecil seperti jumlah yang didapat perokok dari kegiatan merokok tersebut, paparan terhadap karbon monoksida meningkatkan risiko berkembangnya penyakit jantung. Karena zat ini mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok)

  • 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
  • 4x menderita kanker esophagus
  • 2x kanker kandung kemih
  • 2x serangan jantung

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.

Wah,, ngeri banget yah tapi ada batas amannya donk?

Jawabannya adalah TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG MENGHISAP ASAP ROKOK.

Kalau kita menghisap rokok dengan kadar nikotin rendah pun tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.

Saya kan gak merokok, Jadi aman dong??

Wah, gak juga.. Saat seseorang merokok, tidak hanya akan mempengaruhi si perokok, tapi juga memberi pengaruh negatif kepada orang-orang yang ikut menghisap asap rokok tersebut yang disebut sebagai Perokok Pasif ( second hand smoker ).

Bahkan Perokok pasif memiliki kecenderungan lebih kuat berkembangnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan rokok..

"Beberapa sumber menyebutkan bahwa terpapar selama satu jam dengan perokok sama dengan merokok sendiri sebanyak empat batang"

Kenapa sih lagi dan lagi?

Di dalam Rokok terdapat Nikotin, Nah nikotin ini cepat terserap kedalam aliran darah dan dalam 30 detik saja dapat masuk kedalam tubuh dan samapi di otak.

Dan menyebabkan otak melepaskan bahan kimia spesifik yang akhirnya menimbulkan rasa rileks dan dan gairah. Salah satu bahan ini adalah epinephrine.

Mungkin ini salah satu penyebab lagi - lagi merokok..lagi- lagi merokok

Tapi sebenernya ini Cuma dirasakan sesaat aja, karena setelah 30 menit perasaan ini kana hilang dan akhirnya Cuma menyisakan perasaan depresi dan kelelahan.

Nah, karena Cuma bentar banget efek rileks dan gairahnya, perokok akan kembali merokok lagi. Siklus stimulasi dan depresi yang terjadi berulang kali ini yang akhirnya mengarah pada terjadinya adiksi atau ketagihan.

Akibat tumbuhnya toleransi dari tubuh terhadap nikotin, perokok secara bertahap akan meningkatkan frekuensi merokok untuk dapat memperoleh perasaan yang sama

Terus, Gimana cara Kita berhenti Merokok?

Buat bisa berhenti? Ya tentu aja bisa.. tapi kita perlu tekad dan kemauan yang kuat dari diri sendiri untuk berkomitmen berhenti merokok.

walaupun saat seseorang memutuskan untuk berhenti merokok, rasa haus terhadap Nikotin menyebabkan gejala-gejala putus rokok antara lain emosi tinggi, keinginan marah, aktivitas yang cenderung agresif dan munculnya pikiran negatif.

Jadi inget waktu jaman SMA dulu pernah juga ikutan seminar tentang rokok gini, ada peserta yang nanya gimana sih caranya biar bisa berhenti merokok?

Jawabannya simpel banget, "YA BERHENTI, JANGAN MEROKOK LAGI"

yang nanya cuma bisa bengong.... tapi bener khan? :D


Tau gak saat perokok mulai berhenti, tubuhnya akan memulai mekanisme perbaikan diri dan ngebenerin kerusakan yang disebabkan rokok. Fungsi jantung kamu juga akan meningkat 30%.

Dan kalau kita berhenti merokok selama 1 tahun, resiko munculnya masalah jantung hanya 1/2 kali dari orang yang tetep lanjut merokok. Mau gak??

Bagi Temen-yang belum pernah mencoba merokok, jangan coba-coba deh, dah tau kan apa akibatnya kalau kita merokok?

Lalu apa alasan kamu untuk tetap merokok????

Refferensi : Wikipedia, Remaja Sehat
More aboutKenikamatan Yang Merugikan

Kenapa Remaja Memilih Narkoba?

Diposkan oleh Deta on Senin, 22 September 2008Rabu, 17 September 2008Kamis, 11 September 2008Rabu, 10 September 2008Selasa, 09 September 2008Jumat, 05 September 2008

Masa remaja seperti kita merupakan masa2 yang paling rentan terhadap penyalahgunaan narkoba.

Apa sih NARKOBA itu?
Narkoba atau NAPZA adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi seseorang (pikiran, perasaan dan perilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Yang termasuk dalam NAPZA adalah: Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya.

Kenapa sih remaja sekarang banyak banget yang mengkonsumsi narkoba?

Masalah utamanya mungkin karena remaja masih labil, masih mencari jati dirinya.

mengalami krisis identitas, dibilang masih anak-anak, tapi udah merasa gede, dan masih terlalu muda untuk dikelompokan menjadi orang dewasa.

karenanya remaja butuh pengertian dan perhatian dari orang-orang sekelilingnya khususnya orang tua. Kalau hal ini kurang terpenuhi, sangat dimungkinkan remaja ini akan menjadi pribadi yang lemah, mudah putus asa dan akan mudah terjerat lingkaran narkoba.

selain itu karena bujuk rayu dari teman sebaya yang mengkonsumsi narkoba.
Rasa ingin tahu yang gak bisa dibendung.
Lari dari kenyataan yang ada untuk merasakan ketenangan dan kenikmatan sesaat.
Menganggap kalo make narkoba akan terlihat keren, padahal make narkoba gak ada keren-kerennya amat, narkoba malah akan membuat badan kita rusak, perubahannya antara lain:
Saat menggunakan NAPZA, dia akan jalan sempoyongan, bicara pelo ( cadel ), apatis ( acuh tak acuh ), mengantuk, agresif.

kalo udah mulai Overdosis dia akan merasakan nafas sesak, denyut jantung dan nadi lambat, kulit teraba dingin, bahkan meninggal.

dan kalau dia sakau, matanya merah, hidung berair, menguap terus, diare, rasa sakit seluruh tubuh, malas mandi, kejang, kesadaran menurun.

Apabila dalam jangka panjang itu terjadi, maka penampilannya gak kliatan sehat, gak perduli kesehatan dan kebersihan diri, gigi keropos, bekas suntikan pada lengan.

Ini adalah gambar seseorang sebelum dan sesudah menggunakan Narkoba!


SEBELUM ---------- SESUDAH
Hiiiii..... Ngeri banget, Berubahnya drastis.... Narkoba, Jauh-jauh deh

Selain itu sikap dan perilaku juga mulai berubah, antara lain :

  • Prestasi di sekolah atau kantor menurun, tugas-tugas terbengkalai, sering bolos, pemalas, kurang bertanggung jawab.
  • Pola tidur berubah, begadang, sulit dibangunkan pagi hari, mengantuk di kelas atau tempat kerja.
  • Sering pergi ampe larut malam, bahkan sampe gak pulang
  • Sering mengurung diri, berlama – lama di kamar mandi, menghidar bertemu dengan anggota keluarga yang lain.
  • Sering berbohong, minta banyak uang dengan banyak alasan, tapi gak jelas dipake apa, mengambil dan menjual barang berharga milik sendiri atau keluarga, mencuri, terlibat kekerasan dan sering berurusan dengan polisi.
  • Sering bersikap emosional, cepat tersinggung, pemarah, kasar, bermusuhan, pencurigaan, tertutup dan penuh rahasia.
hayo, temen2 ada yang bersikap gitu gak?
wah, jangan sampe yah Cz kasian banget ortu kita, diri kita sendiri pun pasti menderita.

Efek dari narkoba parah banget yah, trus cara pencegahannya gimana?

yup, mencegah lebih baik daripada mengobati,
yang pertama yaitu kita harus mencari lebih banyak lagi tentang narkoba, apa itu narkoba, cara kerjanya gimana, ampe dampak negatifnya bagi kehidupan kita. bisa kita lihat dari Internet, seminar-seminar, siaran TV dll.

lebih terbuka pada orang tua,
Jangan sekali-kali mendekati sesuatu yang dapat menjerumuskan kita pada lingakaran setan itu.
Pertebal iman dan perbanyaklah kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga, atau menekuni bidang-bidang lain yang kita sukai.

Kalau temen kita yang uda keburu terjerumus gimana?

kita semua tau, kalau kita udah masuk jeratan Narkoba kita akan susah banget untuk keluarnya..
tapi jangan khawatir dengan tekat bulat kita pasti bisa terbebas,
kita bisa menjalani rehabilitasi, penanganan yang baik, dukungan dari keluarga dan tekat kuat untuk sembuh merupakan kombinasi yang sangat baik untuk membantu agar lekas sembuh.

setelah sembuh kita juga hendaknya gak masuk ke dunia hitam itu lagi, kita masih punya masa depan yang cerah kok, asalkan kita mau berusaha. Pasti banyak yang akan ngebantu kamu untuk sembuh!

oia, sebenernya sih bisa dapet side job juga, Jadi Artis , artis di seminar-seminar.. hehehehe, :D kita bisa berbagi pengalaman kepada teman-teman agar jangan sampai terjerat dengan yang namanya Narkoba!!

SAY NO TO DRUGS

SAY YES TO BE HEALTHY

BE CREATIVE





More aboutKenapa Remaja Memilih Narkoba?

Aksiku Untuk Bumi

Diposkan oleh Deta on Senin, 22 September 2008Rabu, 17 September 2008Kamis, 11 September 2008Rabu, 10 September 2008Selasa, 09 September 2008Jumat, 05 September 2008



Hi guys sekarang kita bahas tentang bumi kita yang makin lama makin gawat aja.


Banyak orang yang menggembar-gemborkan tentang global warming, dan segala macam kerusakan yang terjadi di bumi ini.
Dulu bangsa Indonesia dikenal dengan Zamrud Khatuistiwa, tapi apa sekarang negeri ini masih bisa bangga dengan banyaknya bencana disana-sini?
mulai dari angin topan, longsor, Kebanjiran kekeringan dll.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan itu semua??
saya pikir salah satu faktor utama adalah keberadaan pohon. Kenapa pohon sangat penting??

Dari sebuah kajian penelitian, semakin tinggi pohon yang tumbuh subur diatas tanah akan semakin memberi manfaat yang lebih di antaranya adalah:

  1. Menghasilkan oksigen 1,2 kg/pohon/hari,1 (satu) pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari. 1 (satu) orang bernafas perlu 0,5 kg oksigen per hari. Jadi 1 (satu) pohon menunjang kehidupan 2 (dua) warga dan menebang 1 (satu) pohon di kota berarti mencekik 2 (dua) warga.
  2. Membuat teduh/sejuk, menyerap panas 8x lebih banyak,
  3. Menjaga kelembaban, menguapkan 3/4 air hujan ke atmosfir,
  4. Menyerap debu,
  5. Mengundang burung
  6. Membuat keindahan.

nah, fungsi pohon di bawah tanah yaitu :

  1. Pohon dapat Menyerapkan air ke tanah, Akar pohon akan menyerap air hujan ke tanah jadi air gak mengalir sia-sia. setelah itu mengikat air di pori tanah dan menjadikan sebagai cadangan air di musim kemarau, sehingga ketersediaan air tanah secara berkesinambungan tetap terjaga dan menjadikan debit mata air, sungai dan danau tetap besar, gak akan terjadi kekeringan, dan saat musim penghujan pun gak akan terjadi banjir. Jadi menebang pohon di hutan atau di lereng gunung terutama di daerah tangkapan air / konservasi secara tidak terkendali dan tanpa usaha penanaman kembali, berarti mengundang bencana banjir bandang, juga mengakibatkan mata air, danau dan sungai menjadi kering. Kondisi seperti ini akan merugikan pertanian di pedesaan.
  2. Mengikat butir-butir tanah, Akar pohon juga mengikat butir-butir tanah sehingga dapat mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor. Jadi menebang pohon terutama di daerah tangkapan air / konservasi seperti daerah pegunungan atau hutan tanpa upaya menanam kembali berarti mengundang bencana erosi dan tanah longsor terutama pada musim penghujan.
  3. Mengikat air di pori tanah dengan kapilaritas dan tegakan permukaan.

Ada fakta baru nie, Buku rekor dunia edisi tahun 2008 memasukkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat penghancuran hutan tercepat diantara negara-negara yang memiliki 90% dari sisa hutan di dunia. Dalam Setiap jamnya hutan Indonesia telah hancur dalam luasan 300 kali luas lapangan sepak bola. :-o

Ealah, parah banget! iya lah sekarang ini makin banyak aja orang-orang yang kurang bertanggung jawab membabat habis hutan hutan yang ada, mulai dari bikin ladang, perumahan ampe bikin pabrik, tanpa usaha reboisasi.


Nah, karena pohon sangat penting bagi bumi ini, kita sebagai remaja bisa ikut berpartisipasi mulai dari lingkup yang kecil, kita bisa mulai dari diri kita sendiri untuk sadar lingkungan, tak buang sampah sembarangan, jangan boros terhadap pemakaian listrik, air, kulkas, AC dan menanam minimal 1 pohon di pekarangan rumah.. nah, saya yakin kita juga bisa mengajak keluarga, teman dan tetangga untuk ikut mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari dimana pun berada. Dan yakin deh, kalau lingkungan kita bersih kita juga akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Dari ruang lingkup yang kecil remaja juga bisa melakukan sesuatu yang lebih besar lagi, contohnya bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menanam pohon di pinggir jalan, agar kota tempat tinggal kita kita lebih asri dan sejuk.

Tanaman yang cocok untuk ditanam dipinggir jalan antara lain tanaman yang mempunyai:
  1. Manfaat estetis / keindahan,
  2. Manfaat sebagai penyerap polutan, dimana daun-daunnya mampu menyaring debu dan mengisap polutan seperti karbon dioksida (CO2).
  3. Manfaat sebagai pelindung dari terik matahari dan peredam suara kebisingan.
  4. Serta mempunyai manfaat hidrologis yang mendukung daur alami air tanah.
Contoh tanamannya adalah :
  1. Tanaman pohon besar seperti : Kenari, Mahoni, Angsana, Kecrutan, Kemuning, Palm Raja, Bungur, Norfolk, Saga, Asam dan Cemara Sumatera.
  2. Tanaman pohon sedang seperti : Dadap Merah, Dadap Belang, Bungur Biasa, Jakaranda, Kelapa Sawit, Saputangan Merah, Janda Merana, Bintoro dan Santalun.
  3. Tanaman kecil seperti : Asam Londo, Cicas, Palem Merah, Palem Botol, Phoenix, Palem Jepang, Palem Kuning, Palem Anggur, Walisongo, Pinang Jambe, Palem Putri, Palem Segitiga.

Coba deh kita pikir, kalau alam rusak kita sendiri umat manusia yang akan dirugikan. dan mengembalikan alam seperti semula membutuhkan waktu yang sangat lama. untuk itu kita sebagai anak bangsa harus saling mengingatkan bisa lewat seminar, poster-poster dan penyuluhan kepada masyarakat dan tidak ikut merusak lingkungan tentunya.

Bersama pasti lebih baik daripada sendiri, saat ini sudah ada yaitu Go Green Indonesia, kita bisa gabung di perkumpulan ini, bisa menambah wawasan dan ikut berpartisipasi dalam mewujudkan indonesia yang hijau. Yuk kita ciptakan Indonesia yang indah, sehat dan hijau.

Bumi ini bukan cuma untuk kita saja.. tapi masih ada masa depan, bumi untuk masa tua kita, untuk anak-cucu kita...
jadi siapa yang akan merawat bumi, kalau bukan kita????
yuk kita pelihara bumi kita...

Referensi Bapedal Jatim

More aboutAksiku Untuk Bumi

Follower