Aksiku Untuk Bumi

Diposting oleh Deta on Jumat, 05 September 2008



Hi guys sekarang kita bahas tentang bumi kita yang makin lama makin gawat aja.


Banyak orang yang menggembar-gemborkan tentang global warming, dan segala macam kerusakan yang terjadi di bumi ini.
Dulu bangsa Indonesia dikenal dengan Zamrud Khatuistiwa, tapi apa sekarang negeri ini masih bisa bangga dengan banyaknya bencana disana-sini?
mulai dari angin topan, longsor, Kebanjiran kekeringan dll.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan itu semua??
saya pikir salah satu faktor utama adalah keberadaan pohon. Kenapa pohon sangat penting??

Dari sebuah kajian penelitian, semakin tinggi pohon yang tumbuh subur diatas tanah akan semakin memberi manfaat yang lebih di antaranya adalah:

  1. Menghasilkan oksigen 1,2 kg/pohon/hari,1 (satu) pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari. 1 (satu) orang bernafas perlu 0,5 kg oksigen per hari. Jadi 1 (satu) pohon menunjang kehidupan 2 (dua) warga dan menebang 1 (satu) pohon di kota berarti mencekik 2 (dua) warga.
  2. Membuat teduh/sejuk, menyerap panas 8x lebih banyak,
  3. Menjaga kelembaban, menguapkan 3/4 air hujan ke atmosfir,
  4. Menyerap debu,
  5. Mengundang burung
  6. Membuat keindahan.

nah, fungsi pohon di bawah tanah yaitu :

  1. Pohon dapat Menyerapkan air ke tanah, Akar pohon akan menyerap air hujan ke tanah jadi air gak mengalir sia-sia. setelah itu mengikat air di pori tanah dan menjadikan sebagai cadangan air di musim kemarau, sehingga ketersediaan air tanah secara berkesinambungan tetap terjaga dan menjadikan debit mata air, sungai dan danau tetap besar, gak akan terjadi kekeringan, dan saat musim penghujan pun gak akan terjadi banjir. Jadi menebang pohon di hutan atau di lereng gunung terutama di daerah tangkapan air / konservasi secara tidak terkendali dan tanpa usaha penanaman kembali, berarti mengundang bencana banjir bandang, juga mengakibatkan mata air, danau dan sungai menjadi kering. Kondisi seperti ini akan merugikan pertanian di pedesaan.
  2. Mengikat butir-butir tanah, Akar pohon juga mengikat butir-butir tanah sehingga dapat mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor. Jadi menebang pohon terutama di daerah tangkapan air / konservasi seperti daerah pegunungan atau hutan tanpa upaya menanam kembali berarti mengundang bencana erosi dan tanah longsor terutama pada musim penghujan.
  3. Mengikat air di pori tanah dengan kapilaritas dan tegakan permukaan.

Ada fakta baru nie, Buku rekor dunia edisi tahun 2008 memasukkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat penghancuran hutan tercepat diantara negara-negara yang memiliki 90% dari sisa hutan di dunia. Dalam Setiap jamnya hutan Indonesia telah hancur dalam luasan 300 kali luas lapangan sepak bola. :-o

Ealah, parah banget! iya lah sekarang ini makin banyak aja orang-orang yang kurang bertanggung jawab membabat habis hutan hutan yang ada, mulai dari bikin ladang, perumahan ampe bikin pabrik, tanpa usaha reboisasi.


Nah, karena pohon sangat penting bagi bumi ini, kita sebagai remaja bisa ikut berpartisipasi mulai dari lingkup yang kecil, kita bisa mulai dari diri kita sendiri untuk sadar lingkungan, tak buang sampah sembarangan, jangan boros terhadap pemakaian listrik, air, kulkas, AC dan menanam minimal 1 pohon di pekarangan rumah.. nah, saya yakin kita juga bisa mengajak keluarga, teman dan tetangga untuk ikut mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari dimana pun berada. Dan yakin deh, kalau lingkungan kita bersih kita juga akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Dari ruang lingkup yang kecil remaja juga bisa melakukan sesuatu yang lebih besar lagi, contohnya bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menanam pohon di pinggir jalan, agar kota tempat tinggal kita kita lebih asri dan sejuk.

Tanaman yang cocok untuk ditanam dipinggir jalan antara lain tanaman yang mempunyai:
  1. Manfaat estetis / keindahan,
  2. Manfaat sebagai penyerap polutan, dimana daun-daunnya mampu menyaring debu dan mengisap polutan seperti karbon dioksida (CO2).
  3. Manfaat sebagai pelindung dari terik matahari dan peredam suara kebisingan.
  4. Serta mempunyai manfaat hidrologis yang mendukung daur alami air tanah.
Contoh tanamannya adalah :
  1. Tanaman pohon besar seperti : Kenari, Mahoni, Angsana, Kecrutan, Kemuning, Palm Raja, Bungur, Norfolk, Saga, Asam dan Cemara Sumatera.
  2. Tanaman pohon sedang seperti : Dadap Merah, Dadap Belang, Bungur Biasa, Jakaranda, Kelapa Sawit, Saputangan Merah, Janda Merana, Bintoro dan Santalun.
  3. Tanaman kecil seperti : Asam Londo, Cicas, Palem Merah, Palem Botol, Phoenix, Palem Jepang, Palem Kuning, Palem Anggur, Walisongo, Pinang Jambe, Palem Putri, Palem Segitiga.

Coba deh kita pikir, kalau alam rusak kita sendiri umat manusia yang akan dirugikan. dan mengembalikan alam seperti semula membutuhkan waktu yang sangat lama. untuk itu kita sebagai anak bangsa harus saling mengingatkan bisa lewat seminar, poster-poster dan penyuluhan kepada masyarakat dan tidak ikut merusak lingkungan tentunya.

Bersama pasti lebih baik daripada sendiri, saat ini sudah ada yaitu Go Green Indonesia, kita bisa gabung di perkumpulan ini, bisa menambah wawasan dan ikut berpartisipasi dalam mewujudkan indonesia yang hijau. Yuk kita ciptakan Indonesia yang indah, sehat dan hijau.

Bumi ini bukan cuma untuk kita saja.. tapi masih ada masa depan, bumi untuk masa tua kita, untuk anak-cucu kita...
jadi siapa yang akan merawat bumi, kalau bukan kita????
yuk kita pelihara bumi kita...

Referensi Bapedal Jatim

{ 5 komentar... read them below or add one }

awan-clickerz mengatakan...

yu mari....
jadi inget masa SMA tuh, belajar biologi, botani, maenin tanah nanem-namen gt...
go green indonesia 2010...
tapi taun ini mau musim pemilu tuh, buaknya tanem serapan air malah spanduk kampanye...
gmn atuh...

owh_me mengatakan...

masih sama bu bakunya

cuma awalnya doank yang gak baku....

ndop mengatakan...

bagus nasehatnya, btw, kalo saya sih ngontel aja tiap hari ke mana-mana.. biyar ndak nambah polusi lagi....

bLoGer mengatakan...

@awan yang kampanye duank kan yang pasang spanduk2!!

@owh_me Thanks sis, tapi sekarang udah diperbaiki tuh..gimana?

@ndopnah kita kampanye Go Green Indonesia.. hehe..
wah, bagus2.. biar badan sehat udara pun bersih...

Owh_Me mengatakan...

Alhamdulillah..
didepan rumah saia berdiri satu pohon mangga dan satu pohon mahoni.. berarti ikut membantu memberi oksigen untuk 4 orang ya?!
Artikel yang bagus!
semoga artikel ini tidak hanya sebuah artikel yang hanya dilihan dan dibaca, tapi dapat kita implementasikan dikehidupan nyata iya to?!

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar dan kritik yang sopan dan relevan dengan artikel, untuk link exchange bisa disampaikan di cuap-cuap Box. Terimakasih atas komentarnya ^_^

Follower